KOTA SUNGAI PENUH BELAJAR E-GOVERNMENT DI BANYUMAS

Kabupaten Banyumas

Pemerintah Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi mengadakan kunjungan kerja dalam rangka memperlajari Elektronik Government di Kabupaten Banyumas. Rombongan yang berjumlah 8 orang itu diterima oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Suyanto, SH, M. Hum, Kamis (21/8) di Ruang Rapat Wakil Bupati Banyumas. 

Turut hadir pada pertemuan ini Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Kabid Kominfo dan Kepala SKPD terkait. 

Dalam sambutan perkenalan Kepala Kantor PDE dan Santelda Kota Sungai Penuh Heppi Hardi mengatakan bahwa kunjungan ke Banyumas karena melihat referensi dari berbagai media, Banyumas telah meraih berbagai penghargaan dalam bidang Tehnologi Informasi. “Kami hadir bersama beberapa SKPD terkait, karena memandang Banyumas telah sukses membangun e-goverment” katanya. 

Dalam sambutannya Bupati Banyumas yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Suyanto mengatakan bahwa perkembangan Teknologi Informasi dan Kominikasi (TIK) yang bergerak semakin cepat dan massif, telah memberikan manfaat dan kemudahan bagi seluruh umat manusia. Dampak yang sangat nyata dari kemujuan TIK adalah terjadi situasi yang biasa disebut dengan ledakan informasi. Yaitu dimana setiap orang dapat menerima informasi apapun, kapanpun dan dari manapun tanpa batas. “Mensikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Banyumas telah menetapkan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2012 tentang Rencana Induk Pengembangan E-Government yang mengamatkan perlunya efisiensi, efektifitas, tranparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan Pelayanan Publik melalui pemanfaat TIK” kata Bupati. 

Lebih lanjut dalam sambutan Bupati mengatakan langkah yang telah dilaksanakan Pemkab Banyumas adalah melaui pengaturan perangkat keras, perangkat lunak, tata kelola e-government, internet, peningkatan SDM, kerjasama, pengamanan dan pengawasan, termasuk bekerjasama dengan pihak lain. “Saat ini kita bekerja sama dengan PT Telkom untuk menggelar jaringan akses internet berkecepatan tinggi berupa instalasi pemasangan akses point Indonesia WIFI dengan perengkat pendukungnya melalui Banyumas Cyber Regency’ lanjutnya. 

Kabid Kominfo Puji  Prihatini, SH diacara tanya jawab menjelaskan bahwa Banyumas telah melaksanakan sebagian fungsi e-government. Seperti e-mail, e-office,  absen elektronik dan pembangunan website dll. “Pembangunan e-governmet bisa berjalan apabila ada komitmen pimpinan daerah dalam hal ini Bupati dan DPRD, kami beruntung mendapat komitmen dari Bapak Bupati” katanya. 

Walaupun pembangunan secara nyata baru berjalan dua tahun tetapi selangkah demi selangkah sudah menjadi kenyataan. “Dua bulan terakhir sejak 1 juli e-office melalui diberlakukan, dan disposisi Bapak Bupati sudah melalui internet, sehingga kepala SKPD ‘dipaksa’ untuk melihat melalui email ini” lanjut Puji. 

Diakhir penerimaan Staf Ahli dan Pimpinan Rombongan bertukar cindera mata, sebelum rombongan berkunjung di Bidang Kominfo Jalan Masjid Purwokerto. 

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kab. Banyumas


22 08 2014 07:41:58