40 Pasukan Tunas Muda dikukuhkan Wakil Bupati

Kabupaten Banyumas

Wakil Bupati Banyumas dr. Budhi Setiawan selaku Wakil Ketua Majelis Pembina Cabang Gerakan Pramuka Banyumas mengukuhkan 40 Pramuka menjadi Pasukan Tunas Muda, Senin, (15/9) di Pendopo Sipanji Purwokerto.

Pasukan Tunas Muda 2014 ini akan bertugas pada upacara pengibaran dan penurunan bendera peringatan Hari Pramuka ke 53 Tahun 2014 yang akan dilaksanakan Selasa (16/9) di GOR Satria Purwokerto.

Acara berjalan dengan khidmat, Wakil Bupati Banyumas bertindak sebagai Pembina Upacara Pengukuhan. Turut hadhir pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Pengurus Kwarcab Banyumas, Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas, Kepala Sekolah selaku Mabigus asal peserta Pasukan Tunas Muda dan orang tua.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Banyumas berharap dengan adanya kegiatan Pengukuhan PTM ini dapat meningkatkan semangat jiwa patriotisme serta rela berkorban kepada Negara dan Bangsa. “Kalian adalah pelajar pilihan, untuk menjadi Pasukan tunas muda, untuk itu jaga kepercayaan diberikan untuk melaksanakan tugas dengan baik” pesan Wakil Bupati.

Lebih lanjut Wakil Bupati mengatakan karena PTM adalah pramuka pilihan dari puluhan ribu pramuka di Banyumas. “Jadilah kalian semua tauladan untuk Pramuka lainya dan masyarakat sekitar, karena disekitar kalian telah marak adanya penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, tunjukan kalian sebagai pramuka pilihan itu dan bisa menghindari dari permsalahan tersebut” pesan Wakil Bupati.

Dalam sambutan pengantar Ketua Kwarcab Banyumas Ir Didi Rudwianto, SH, M.Si mengatakan bahwa Calon PTM ini telah melewati seleksi ketat dari ratusan pramuka. “Dan hampir setengah bulan lebih mereka dibina oleh Pelatih dari Kodim 0701 Banyumas, Dinporabudpar Kabupaten Banyumas dan Dewan Kerja Cabang Banyumas” kata Didi.

Didi juga menyampaikan bahwa tradisi PTM yang sudah ada sejak 1992 ini, sudah mulai ditiru oleh kwarcab lain bahkan Kwarda Jawa Tengah pun memiliki Pasukan serupa bernama Pasuka Chandra Birawa.

Pengukuhan ditandai dengan penyematan tali komando oleh Wakil Bupati kepada perwakilan peserta serta upacara adat yaitu pencipratan air suci kepada semua Pasukan Tunas Muda.


16 09 2014 12:34:51