Bupati Banyumas Launching PATEN

Kabupaten Banyumas

Bupati Banyumas Launching PATEN
PURWOKERTO  –  Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein secara resmi melaunching  pelayanan administrasi terpadu kecamatan (Paten) Kabupaten Banyumas, Kamis (25/9) di Kantor Kecamatan Baturraden.
Hadir dalam acara ini Kepala Biro Pemerintahan Propinsi Jawa Tengah, Kepala Bakorwil II, Anggota Forkompinda Banyumas, staf ahli bupati, kepala SKPD, kepala bagian, camat dan lurah se Kabupaten Banyumas, Muspika Baturraden dan kades se Kecamatan Baturraden.
Dalam sambutannya bupati mengatakan, pada hakekatnya penyelenggaraan pemerintahan sesuai amanat UU Nomor 32/ 2004 ditujukan kepada terciptanya fungsi pelayanan publik. “Saat ini kita sebagai penyelenggara pemerintahan, telah mengalami pergeseran paradigma yaitu dari konsep yang menekankan pada mekanisme mengatur dan memerintah menuju ke pemerintahan yang lebih mengedepankan kolaborasi  dan sinergi dalam konsep good governance” katanya.
Menurut bupati, Peraturan Pemerintah Nomor 19/ 2008 tentang kecamatan memiliki peran yang penting dan strategis karena telah memfungsikan kecamatan sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Peran kecamatan sebagai perangkat daerah yang menerima pendelegasian sebagian kewenangan dari kepala daerah harus memiliki kapasitas dan inovasi agar kecamatan selain siap secara struktural menerima pendelegasian sebagian kewenangan, sekaligus juga berdampak pada penguatan aparatur yang optimal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. ”Saat ini kewenangan saya selaku bupati untuk perijinan sudah saya limpahkan semua kepada BPMPP, dinas teknis dan sebagian di tingkat kecamatan” bebernya.
Bupati juga berpesan agar para camat, kepala kelurahan dan kepala desa menganggap masyarakat yang datang meminta pelayanan itu raja. “Sebagai pelayan masyarakat kita harus iklas, sehingga bisa memberi pelayanan secara, cepat, murah dan ramah” pesan bupati.
Laksanakan peraturan yang berlaku saat ini apabila memungkinkan dipendek dan dipercepat dengan memanfaatkan teknologi secara maksimal. “Buatlah masyarakat yang dilayani pulang dengan bungah dan gembira karena mudah mendapatkam pelayanan dan tidak merasa sulit untuk mendapatkan pelayanan” kata Bupati.  
Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Banyumas Drs. Agus Spriyanto, M.Si mengatakan bahwa PATEN sangat bermanfaat dalam memaksimalkan fungsi pelayanan kepada masyarakat. Paten merupakan amanat dari UU dan Kabupaten Banyumas saat ini sudah mampu menjabarkannya dengan melaunching program ini. Harapannya pelayanan keapada masyarakat semakin maksimal damn fungsi pemerintahan khususnya di tingkat kecamatan membaik. “Launching PATEN ini tidak ahanya di Baturraden, tetapi 27 kecamatan pelayanan kecamatan semua sudah  terpadu” kata Agus.
Launching yang ditandai dengan pemukulan Gong, dan ikrar bersama camat sekabupaten Banyumas siap melaksanakan PATEN, dilanjutkan menyaksikan pelayanan yang dilaksanakan di Kecamatan Baturraden. Ketika menanyakan kepada Tonah dan Sanmiharja warga yang akan membuat KTP berapa lama “Langsung jadi Pak, bisa ditunggu” katanya.
Plt Camat Baturaden Drs. Kristanto M.Si mengatakan apabila tidak terjadi trouble pada layanan internet pelayanan KTP bisa satu hari jadi. “Namun demikian apabila tidak bisa satu hari, kami member pelayanan kepada pemohon untuk meninggalkan nomor telpon yang bisa dihubungi apabila sudah jadi segera kami kan menghubungi untuk mengambil” jelas Kris.


26 09 2014 07:22:42