MENTERI BUMN PANEN SORGUM DI BANYUMAS

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan bersama sang istri Narsiah menghadiri acara panen Sargum di Desa Legok Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas. Dahlan yang juga didampingi Bupati Banyumas Ir Achmad Hesein disambut meriah oleh warga setempat ketika akan memanen sorgum di area lahan seluas kira kira 1 hektar tersebut, Selasa (19/8).

Acara itu juga dimeriahkan dengan bazar bahan makanan dari sorgum, mesin penggiling sorgum dan pengolahan sorgum menjadi bio etanol.

"Saya cukup penasaran dengan janji pak Bupati, kalau di Banyumas ada tanaman budidaya sorgum dengan menggunakan sistem polybag dan bisa dimanfaatkan warga. Ternyata benar di sini ada tanaman sorgum yang bisa hidup  dan hasil dari biji sorgum ataupun batangnya bisa dimanfaatkan," kata Dahlan di lokasi panen.

Menurutnya, penanaman Sorgum itu biasanya ditanam di daerah yang tandus dan sangat jarang terkena hujan. Namun demikian, di lahan yang cukup banyak memperoleh air pun ternyata bisa ditanami sorgum dan akhirnya bisa berhasil dipanen.

"Satu hal yang membuat saya mengagumi  Pak Bupati adalah semangat untuk mengembangkan tanaman sorgum ini  dimanfaatkan warga desa dan memberikan terobosan dalam bentuk pengolahan sorgum menjadi bio etanol yang memiliki nilai ekonomis," ujar Dahlan.

Salah satu produk yang ditampilkan di bazar adalah beberapa makanan yang bersumber dari sorgum, syrup, roti, jenang,  hingga pembuatan bio etanol dari bahan utama sorgum. "Jenang dan sirup ini enak juga ya," ungkapnya saat mencicipi jenang dan sirup bahan dari sorgum.

Turut hadir dalam acara panen raya tersebut adalah Wakil Bupati dr. Budhi, Sekda Banyumas Ir Wahyu Budi Saptono, Kepala SKPD, Camat Pekuncen dan  Perangkat Desa Legok serta warga setempat. 

Saat ini di Desa Legok sudah terdapat seekitar 1 ha lahan yang  ditanami sorgum. Jika panen ini sukses Dahlan ingin menggalakkan tanaman sorgum di Banyumas.

Release Bagian Humas dan Protokol


21 08 2014 07:38:39