Pemuda Banyumas Ikuti Upacara Sumpah Pemuda

Kabupaten Banyumas

PURWOKERTO - Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86, tingkat Kabupaten Banyumas dilaksanakan Selasa (28/10) di Halaman SMA Negeri 2 Purwokerto. Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein bentindak sebagai pembina upacara, sedangkan sebagai petugas upacara adalah pengurus KNPI dan dari unsur pemuda, pramuka dan pakibra.

Turut hadir pada upacara ini Dandim 0701 Banyumas, Kapolres Banyumas dan anggota forlompinda, Kepala SKPD, Kepala sekolah dan tokoh pemuda di Banyumas.

Sedangkan dalam barisan upacara nampak pleton TNI, Polri, Siswa Polri, PNS, KORPRI, Mahasiswa, Pramuka dan Pelajar. Organisasi pemuda terlihat Pemuda Pancasila, Karangtaruna, Banser, Fatayat NU, organisasi mahasiswa dan barisan pasukan Bhineka Tunggal Ika dengan kostm pakaian adat Indonesia.

Bupati Banyumas yang membacakan sambutan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (MENPORA RI), mengatakan Sumpah Pemuda merupakan momentum historis yang teramat penting dan menjadi bagian tak terpisahkan dari mata rantai perjuangan bangsa. Maka setiap memperingati hari sumpah pemuda ini jangan dijadikan hanya sebagai rutinitas, sehingga dapat kehilangan makna. “ Bagi pemuda Indonesia Sumpah Pemuda sebagai manifestasi dari kepeloporan dan kepedulian untuk mengangkat harkat dan martabat Bangsa Indonesia, sekalgus sebagai penyatuan tekad dan semangat seluruh komponen anak bangsa yang akhirnya mewujudkan Indonesia yang berdaulat ” katanya.

Tema peringatan kali ini adalah Bangun Soliditas Pemuda Maju dan Berkelanjutan.  “Tema tersebut mengandung pesan untuk berupaya agar para pemuda dapat memainkan perannya secara optimal sebagai perekat persatuan bangsa dalam pembangunan Nasional” katanya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa pembangunan kepemudaan secara berkelanjutan harus terus dilaksanakan melalui proses penyadaran, pengembangan sebagaimana diamanatkan oleh UU No 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan. “Pemuda yang maju adalah pemuda yang memiliki kemampuan inovasi dan kreativitas yang tinggi, yang mampu mengatasi berbagai persoalan yag dihadapinya dan memiliki kompetensi sehingga mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global” lanjutnya.

Setelah beliau membacakan sambutan, beliau selaku Pemerintahan Kabupaten Banyumas mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus karena generasi muda di Kabupaten Banyumas secara umum telah menunjukan hasil yang cukup menggembirakan. “Banyak kiprah dan kontribusi pemuda Banyumas dalam pembangunan daerah dan tidak sedikit pula yang berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan dan berhasil membawa nama baik Banyumas baik di tingkat regional, nasional maupun internasional” pungkasnya.

Pada upacara tersebut dibacakan juga Putusan Kongres Pemuda oleh Ketua KNPI Kabupaten Banyumas dengan latar belakang Pemuda Indonesia dengan pakaian adat dari bebagai daerah di Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia berjalan dengan khidmat.

Usai upacara dilanjutkan persembahan Marching Band dari Bahana Putra Soedirman dan Kenthongan Cablaka dari pemuda-pemuda kabupaten Banyumas.

Foto terkait upacara hari Sumpah Pemuda 2014

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas

 


29 10 2014 07:42:11