KWARAN SUMBANG BORONG GELAR LOMBA LCTP DAN PIONERING

Kabupaten Banyumas

KWARAN SUMBANG BORONG GELAR LOMBA LCTP DAN PIONERING

Kwarcab Banyumas menggelar Lomba Cepat Tepat Pramuka (LCTP) dan Lomba Pioneering Penggalang SD/MI, Minggu (30/11) di Komplek Sanggar Bakti Kwartir Cabang Banyumas. Kegiatan di buka oleh Wakil Ketua II Bidang Organisasi dan Hukum Drs. H. Achmad Supartono, M.Si.

Dalam sambutannya Supartono sangat mengapresiasi minat adik - adik penggalang yang berpangkalan di Gugus Depan SD/MI. “Sungguh berbahagia kami atas keikutsertaan dan semngat adi-adik mengikuti kegiatan ini. Kalian sudah menjadi yang terbaik di kwarran, jaga sportifitas dalam lomba, juara bukan tujuan utama, tetapi yang lebih penting adalah proses dari semua kegiatan adalah pembentukan karakter adik-adik untuk menjadi anak yang berguna” pesan Supartono.

Supartono juga mengatakan bahwa perlombaan ini merupakan sarana evaluasi terhadap latihan rutin di pangkalan masing - masing. “Selain sebagai ajang kompetisi juga bertujuan untuk menggali potensi serta kemampuan Pembina Pramuka untuk membimbing, membina dan menciptakan generasi yang kuat, terampil, peka lingkungan, mandiri dan sifat-sifat lainnya yang sangat diperlukan untuk membentuk generasi muda yang siap menghadapi tantangan dan siap bersaing” kata Supartono.

Salah seorang Panitia Adi Chandra mengatakan kegiatan diikuti oleh 16 Kwartir Ranting dari 27 Kwaran yang ada. “Kwaran yang mengikuti lomba kali ini antara lain Cilongok, Rawalo, Kebasen, Purwokerto Timur, Purwokerto Selatan, Purwokerto Barat , Sokaraja, Jatilawang, Wangon, Purwojati, Lumbir, Sumpiuh, Kembaran, Kedungbanteng dan Somagede” katanya.

Sedangkan materi perlombaan yang dilombakan yaitu LCTP Penggalang Putra dan Putri, Lomba Pioneering membuat Menara Putra dan Putri dan Lomba Pioneering Aplikatif Putra dan Putri.

“Untuk lomba LCTP peserta satu regu tiga anak wajib mengikuti babak penyisihan yang diwajibkan menyelesaikan 20 soal dan diambil 6 peserta nilai tertinggi yang berhak masuk final” Kata Ady

Adi menambahkan untuk Lomba Pioneering satu regu 7 anak, diwajibkan membuat menara dengan menggunakan maksimal 40 tongkat dalam waktu 60 Menit. “Peserta juga diwajibkan membuat menara aplikatif dalam waktu 60 Menit” jelas Ady.

Dari hasil lomba tersebut pemenang adadalah sebagai berikut LCTP Putra Juara 1 SD Negeri 6 Lumbir Kwarran Lumbir, Juara 2 SD Negeri Kanding Kwarran Somagede dan Juara 3 SD Negeri Panembangan Kwarran Cilongok, dan LCTP Putri Juara 1 SD Negeri 1 Limpakuwus Kwarran Sumbang, Juara 2 SD Negeri 1 Bobosan Kwarran Purwokerto Utara dan Juara 3 SD Negeri 2 Sokanegara Kwarran Purwokerto Timur.

Sedangkan untuk Lomba Pioneering Menara Putra Juara 1 SD Negeri 1 Kotayasa Kwarran Sumbang, Juara 2 MI Ma'arif NU 1 Kalitapen Kwarran Purwojari dan Juara 3 SD Negeri 4 Jatilawang Kwarran Jatilawang. Untuk Putri Juara 1 SD Negeri 1 Kotayasa Kwarran Sumbang, Juara 2 SD Negeri 2 Rawaheng Kwarran Wangon dan Juara 3 SD Negeri 2 Bangsa Kwarran Kebasen.

Untuk Juara Menara Aplikatif Putra Juara 1 SD Negeri 1 Kotayasa Kwarran Sumbang, Juara 2 MI Ma'arif NU 1 Kalitapen Kwarran Purwojati dan Juara 3 Kwarran Rawalo, Putri Juara 1 SD Negeri 1 Kotayasa Kwarran Sumbang, Juara 2 Kwarran Rawalo dan Juara 3 SD Negeri 2 Bangsa Kwarran Kebasen.


04 12 2014 07:59:09