KWARAN KARANGLEWAS GELAR KARANG PAMITRAN

Kabupaten Banyumas

KWARAN KARANGLEWAS GELAR KARANG PAMITRAN
(Pembina Pramuka Harus Paham Karakter Peserta Didik)
Sebanyak 34 pembina pramuka siaga dari berbagai pangkalan SD/MI se-Kwartir Ranting Karanglewas mengikuti kegiatan Karang Pamitran Selasa (11/11) kemarin di Sanggarnya. Acara yang dibuka oleh Ketua Kwaran Dyah Tri Utami itu mengahdirkan pelatih dari Kwarcab Banyumas untuk memberi pendalaman materi tentang seragam Pramuka terbaru, materi pesta siaga dan games.
Ketua Kwaran berharap para pembina siaga tidak hanya memberikan materi kepada peserta didik, tetapi juga harus tahu karakter peserta didik. Menurut Dyah karena dalam kurikulum 2013 tertulis Pramuka sebagai ekstrakulikuler wajib di setiap gugus depan, maka pihaknya bepesan agar kegiatan pramuka bisa terlaksana dengan baik di semua gugus depan.
“Melalui Pramuka kita bentuk karakter generasi muda, agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila” kata Dyah.
Pembina dari Kwarcab Joko Wahyanto, S.Pd menyampaikan para pembina Pramuka sebagai tenaga pendidik tidak bisa asal-asalan, karena harus memenuhi minimal standard yang telah ditentukan oleh Gerakan Pramuka. Karena Gerakan Pramuka tentunya tidak akan membiarkan anak didiknya menerima materi pendidikan secara sembarangan. “Dapat dibayangkan apa jadinya anak didik nantinya kalau menerima materi yang tidak standard, padahal kedepan ini menyangkut soal pembentukan karakter generasi muda. Untuk itu Gerakan Pramuka senantiasa menyelenggarakan kursus-kursus dan pendidikan yang ditujukan untuk mereka yang masuk kategori anggota dewasa dalam Gerakan Pramuka. Mulai dari kursus mahir dasar, mahir lanjutan atau minimal melalu kegiatan karang pamitran ini” kata Joko.
Walau sudah tidak muda lagi 34 pembina ini tetap bersemangat dan bersungguh-sungguh mengikuti semua materi yang diberikan oleh pelatih.
Zena salah satu peserta dari Pangkalan SD Negeri Pengabatan mengaku merasa senang karena bisa mengikuti karang pamitran. “Kegiatan ini dapat memperdalam materi Pramuka Siaga untuk diberikan kepada anak didik dan juga berbagi pengalaman pada pembina lainnya” katanya.
Ketua Panitia Edi Sustrianto, S.Pd mengatakan selain untuk menambah pengetahuan kepramukaan para pembina, kegiatan karang pamitran ini bertujuan untuk menyambut Pesta Siaga. “Kita akan melaksanakan Pesta Siaga Kwarran yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2014, di lapangan Desa Karanggude“ katanya.
Parsito : Humas Kwarcab Pramuka Banyumas


13 11 2014 08:44:51