Potensi Budidaya Gurami Akan Dikembangkan

Kabupaten Banyumas

Potensi Budidaya Gurami Akan Dikembangkan

PURWOKERTO, Pemerintah Kabupaten Banyumas mulai mengembangkan potensi budidaya ikan gurami di sejumlah wilayah. Saat ini wilayah yang sudah menjadi pusat pengembangan ikan gurami berada di Kecamatan Kembaran, Sokaraja dan Kemranjen.
Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Banyumas, Ir. Sugiyatno, mengatakan bahwa produk gurami Banyumas telah memberi kontribusi 20  % produk gurameh Provinsi Jawa Tengah. Namun demikian melihat peluang yang masih terbuka  maka akan terus dikembang tingkatkan. Budidaya tersebut bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomis benih gurami yang selama ini para petani menjual benih gurami ke luar daerah.
“Selama ini banyak petani yang memilih menjual benih gurami ke luar daerah, padahal produksi benih gurami di Banyumas tinggi. Maka dari itu kami mulai kembangkan budidaya gurami ini di beberapa wilayah, untuk meningkatkan kesejahteraan petani” katanya.
Menurutnya, dalam setahun petani di Banyumas rata-rata mampu memproduksi benih gurami lebih dari 300 juta ekor. Menurut rencana, pengembangan budidaya tersebut akan dilakukan di lokasi lain secara bertahap.
Dia menambahkan, untuk menghasilkan gurami yang berkualitas, petani diminta menggunakan metode Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB). Yakni dengan penggunaan benih yang bermutu, pakan yang berkualitas, manajemen kualitas air sampai dengan cara panen yang baik.
Sub Bagian Pemberitaan dan Dokumentasi


05 11 2014 07:39:36