Pemkab Siapkan Operasi Pasar Beras

Kabupaten Banyumas

Pemkab Siapkan Operasi Pasar Beras

PURWOKERTO – Pemerintah Kabupaten Banyumas bersiap akan menggelar operasi pasar (OP) beras untuk menekan harga yang terus merangkak naik, hal ini juga karena belum adanya kejelasan jatah raskin selama dua bulan.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Banyumas Drs Sugiyanto MSi mengatakan, surat edaran terkait operasi pasar sudah turun bulan ini. “Pemkab sudah siap namun untuk teknis waktu dan lokasi, menunggu hasil koordinasi dengan Bulog” katanya.

Sugiyanto menjelaskan bahwa pasca kenaikan harga BBM, harga beras terus merangkak naik. “Diharapkan operasi pasar yang akan dilakukan bisa menekan dan mestabilkan harga beras” katanya.

Lebih lanjut Sugiyento mengatakan, sampai saat ini pengajuan raskin yang dilakukan bupati kepada gubernur belum ada kepastian. “Bapak bupati sudah melayangkan surat permohonan kepada gubernur dan gubernur sudah meneruskan ke pusat. Namun dari pusat belum ada respon,” katanya.

Sementara Kepala Bulog Sub Divre IV Banyumas, Rudi Amran didampingi Humas M Priyono mengatakan, memang akan dilakukan operasi pasar tapi petunjuk teknisnya belum ada. “Jadi kami belum bisa memastikan berapa jumlah beras yang harus dipersiapkan,” katanya.

Priyono menuturkan, saat ini harga beras di tingkat penggilingan antara Rp8.600 sampai Rp8.900. Sedangkan harga di pasaran sudah tembus sampai Rp9 ribu. “Jika dibandingkan tahun lalu, harga beras tahun ini lebih tinggi. Tahun lalu harga beras paling tinggi Rp8 ribu,” jelasnya.


18 12 2014 08:09:36