Bupati Banyumas Resmikan Sumpiuh Kota Enthok

Kabupaten Banyumas

Bupati Banyumas Resmikan Sumpiuh Kota Enthok

BANYUMAS-Bupati Banyumas Ir Achmad Husein meresmikan Kecamatan Sumpiuh sebagai Kota Enthok Kamis (18/12) di Pendopo Kecamatan Sumpiuh. Bupati menandai persemian itu dengan penyerahan gerobak kuliner khas Sumpiuh, yakni petis enthok dan rica-rica enthok.

Camat Sumpiuh, Abdul Kudus SIP mengatakan, setelah berbagai upaya dilakukan untuk mengenalkan kuliner khas Sumpiuh,  akhirnya diresmikan. Dia optimis masyarakat Sumpiuh akan menjadikan momentum ini untuk menjadikan Sumpiuh yang kreatif. “Dalam launching ini kami juga di dukung oleh 60 peserta Sumpiuh Kreatif Expo yang berasal dari desa, pengusaha dan home industri,”imbuh dia

Dalam sambutan peresmian, Husein mengajak tamu undangan menikmati kuliner khas Sumpiuh itu. “Maksud saya seperti ini, setiap kecamatan harus mempunyai kreasi sendiri-sendiri. Kalau di Purwokerto dengan kripiknya, Sokaraja dengan getuknya, Tambak dengan sate bebeknya,  sekarang Sumpiuh dengan petis enthoknya,”kata dia.

Bupati merasa senang dengan kegiatan peresmian yang dilakukan bersama dengan Sumpiuh Kreatif Expo, sehingga produk-produk unggulan Sumpiuh dapat dipamerkan. Menurut dia, jika potensi ini terus digara,p suatu saat pasti akan menuai hasilnya.
“Ini kesempatan bagi Sumpiuh. Apalagi Sumpiuh berada di jalur nasional, sehingga bisa promosi hingga terkenal di seluruh Indonesia. Kalau dengar petis enthok, ya mampirnya di Sumpiuh,”kata Bupati.

Cahyo Sudarmanto, Ketua Pelaksana Sumpiuh Kreatif Expo 2014, mengatakan 68 stan turut memeriahkan kegiatan yang dilaksanakan di halaman pendapa Kecamatan Sumpiuh. Stan tersebut menyediakan produk unggulan Sumpiuh, yang digadang-gadang menjadi ikon dan produk pendukung wilayah.

Selain itu, banyak pula stan yang menyediakan kearifan lokal lain, seperti telur asin, gula kristal, gula rempah, wedang rempah hingga sari buah pala. “Kegiatan pameran akan berlangsung sampai Minggu (21/12) besok. Di dalamnya, diselenggarakan beragam pertunjukan seni dan lomba bagi lintas kalangan” Jelasnya.

Parsito


20 12 2014 12:27:33