Kwarcab Banyumas Lantik Anggota Ubaloka Baru

Kabupaten Banyumas

Kwarcab Banyumas Lantik Anggota Ubaloka Baru
PURWOKERTO, Sebanyak 47 anggota Pramuka Penegak dari berbagai pangkalan/gugus depan di Kabupaten Banyumas resmi dilantik menjadi anggota Unit Bantuan Pertolongan Pramuka (Ubaloka) Kwarcab Banyumas. Kegiatan pelantikan menandai berakhirnya rangkaian Gladi Tangguh Ubaloka 2014 yang dilakukan Sabtu 1 Nopember s/d 5 Nopember 2014 lalu.
Wakil Komandan Ubaloka Banyumas, Diana Dwi Putra mengatakan kegiatan Gladi Tangguh terbagi dalam sesi teori dan praktik. Sesi teori dilakukan dua periode yakni 18-19 Oktober dan 25-26 Oktober lalu. Sedangkan sesi praktik dilakukan dengan model perkemahan di Bukit Cendana, Baturraden
“Alhamdulillah, semua peserta Gladi Tangguh dinyatakan lolos seleksi dan dilantik menjadi anggota Ubaloka angkatan ke-14 Kwarcab Banyumas,” kata Diana Dwi Putra, Kamis (6/11). Ia menambahkan, jumlah 47 anggota baru terdiri dari 15 anggota putri dan 32 anggota putra.
“Mereka nantinya akan disiapkan menjadi anggota tim SAR atau Pramuka Peduli. Di antaranya siap dilibatkan dalam tugas-tugas kemanusiaan,” ujarnya. Ia mencontohkan, saat peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Slamet, anggota Ubaloka siaga di posko yang berada di Kwarcab Banyumas.
Kegiatan Gladi Tangguh itu dibuka oleh Wakil Bupati Banyumas dr Budhi Setiawan Sabtu (1/11) di Halaman Sanggar Bakti Pramuka. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dewan Kerja Cabang Kwarcapb Banyumas itu melibatkan berabai pihak antara lain SAR Brimob Subden 3/Den B Pelopor, Badan SAR Nasional, Damkar, BPBD Banyumas, PMI Banyumas dan Dewan Kerja Daerah (DKD) Kwarda Jateng.
Wakil Bupati Banyumas mengaku bangga kepada pramuka penegak yang sudah terpilih menjadi Tim Ubaloka. “Selamat atas terpilihnya anggota Ubaloka angkatan XIV dalam hal ini nantinya akan menjadi kaderisasi untuk peningkatan Ubaloka dan juga membentuk kader Pramuka yang tangguh dibidang SAR yang nantinya dapat menjadi TIM yang cekatan dalam menanggulangi bencana maupun kegiatan sosial lainnya” tuturnya.
Penulis : Parsito


08 11 2014 07:59:48