Dodolan Bareng Petis Entok, Tingkatkan Potensi Ekonomi Sumpiuh

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS – Camat Sumpiuh Kabupaten Banyumas Abdul Kudus didampingi Muspika meresmikan sentra penjualan olahan makanan berbahan dasar entok Rabu (18/2) di Kelurahan Kebokura. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas pusat keramaian yang selama ini masih terfokus di Kelurahan Sumpiuh.


Camat Sumpiuh, Abdul Kudus, mengatakan sentra penjualan yang dikemas dalam “Dodolan Bareng Petis Entok” tersebut, selain untuk meramaikan wilayah setempat juga untuk mengembangkan potensi ekonomi. “Ini untuk mendorong agar wilayah di sisi barat Sumpiuh lebih hidup, karena lokasinya cukup strategis berada di jalan utama selatan dan pertigaan jalan menuju wilayah Cilacap” katanya.


Pada tahap awal ini, pusat penjualan makanan dengan menu unggulan petis entok tersebut diisi sebanyak tujuh pedagang. Mereka menggunakan gerobak yang diseragamkan untuk memperkenalkan makanan khas Sumpiuh tersebut. “Ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperkenalkan ikon sumpiuh yakni petis entok. Akhir tahun lalu telah diluncurkan bupati, setelah melalui tahap pelatihan, sekarang tinggal memperkenalkan ikon tersebut kepada masyarakat luas,” ujar dia.


Lebih lanjut Camat Sumpiuh ini mengatakan secara bertahap sentra tersebut akan dikembangkan di sepanjang tepi jalan Sumpiuh yang melintasi tiga kelurahan, mulai dari barat yakni Kebokura, Sumpiuh dan Kradenan. “Nanti akan dikembangkan di wilayah yang lain,” kata dia.


Untuk mewujudkan hal tersebut pihaknya akan menggandeng sejumlah perusahaan swasta dan BUMN untuk mengembangkan sentra olahan makanan berbahan dasar entok. Hal itu untuk mendukung upaya pemerintah mengembangkan Sumpiuh menjadi kota singgah.


Abdul Kudus, mengatakan selama ini program tersebut ditopang anggaran dari pemerintah kecamatan dan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan setempat. “Kami berusaha mendapatkan bantuan perusahaan swasta maupun BUMN melalui Corporate Social Responsibility (CSR). Sejauh ini sudah ada perusahaan yang terlibat, kami akan berusaha terus mengkomunikasikan ini,” pungkasnya.(and)

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda kabupaten Banyumas


20 02 2015 12:02:34