Wabup Canangkan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Kabupaten Banyumas

PURWOKERTO – Wakil Bupati Banyumas dr. Budhi Setiawan memimpin upacara pencanangan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Halaman Kantor PLN Jalan Gatot Subroto Purwokerto. Acara yang diselenggarkan oleh Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Banyumas ini diikuti oleh pejabat pemerintah kabupaten Banyumas, para pimpinan Asosiasi Pengusaha Indonesia, Pimpinan BUMN, BUMD dan Perwakilan Serikat Pekerja Sekabupaten Banyumas.

Wakil Bupati dr. Budhi Setiawan yang membacakan sambutan dari Menteri Ketenagakerjaan RI mengatakan bahwa urgensi hari K3 adalah sebagai wujud dukungan pemerintah bagi para tenaga kerja dalam menjamin keselamatan dan kesehatan mereka dalam menjalani kegiatan kerjanya.

“Tujuan utama kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja yang kompeten, produktif, dan berdaya saing baik secara nasional maupun global. Namun kualitas tersebut harus diiringi pula dengan jaminan keselamatan, kesehatan, dan perlindungan kerja. Dengan demikian, segala bentuk penyakit, kecelakaan akibat kerja dapat ditekan”, ungkap Wabup dalam sambutannya.

Lebih lanjut Wakil Bupati mengatakan bahwa dalam jangka panjang, diharapkan masyarakat industri Indonesia pada khususnya dan masyarakat pada umumnya memiliki kemandirian dalam berbudaya K3. “Budaya K3 merupakan bagian integral dan revolusi mental dalam pembangunan nasional guna meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan. Oleh karena itu, perlu dikembangkan oleh semua pihak secara terus menerus.” tambahnya.

Wakil Bupati juga mengajak momentum pencanangan pelaksanaan Bulan K3 menjadi semangat untuk mengoptimalkan pengawasan ketenagakerjaan “Saya instruksikan kepada semua pengawas ketenagakerjaan agar turun langsung ke perusahaan. Lakukan pengawasan dengan benar dan berikan tindakan tegas kepada perusahaan yang melanggar aturan ketenagakerjaan,” lanjutnya.

Usai Upacara Kepala Dinsosnakertrans Abdullah Muhammad,SH, M.Hum mengatakan rencana kerja tahun 2015 terkait K3 pihaknya melakukan sosialisasi melalui berbagai media seperti spanduk, dialog interaktif radio dan menyelenggarakan kuliah umum. “Budaya budaya K3 tanggung jawab bersama, termasuk menciptakan suasana kerja yang aman dan nyaman” kata Abdullah.

Terkait kesehatan pekerja yang bekerja di perusahaan yang mempunyai resiko tinggi karena mengandung kimia seperti pabrik plastik pihaknya menyediakan pemeriksaan gratis. “Tahun 2015 kita rencanakan pemeriksaan menyeluruh kepada 50 pekerja yang mempunyai resiko tinggi” tambah Abdullah.(and)

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Pemkab Banyumas


22 01 2015 10:29:32