PDAM Tirta Satria Banyumas Terima Penghargaan PERPAMSI AWARD

Kabupaten Banyumas

PDAM Tirta Satria Banyumas Terima Penghargaan PERPAMSI AWARD

Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Satria Kabupaten Banyumas kembali mengukir prestasi dengan  memperoleh Penghargaan Perpamsi Award 2015 kategori baik dan sehat, penghargaan diserahkan oleh Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia DR. Ir. Mochamad Basoeki Hadi Moeljono, M.Sc kepada Dirut PDAM Tirta Satria Agus Subali, SE Ak mewakili Bupati Banyumas di Hotel Bidakara Jakarta pada acara Indonesia Water and Waste Water Expo & Forum (IWWEF) Selasa (21/4) kemarin.

Penghargaan ini diraih setelah Kinerja PDAM Tirta Satria yang masuk Kelompok Sedang,dengan pelanggan diatas 50.000 dan dibawah 100.000,mendapat penilaian baik.

Direktur PDAM Tirta Satria, Agus Subali,SE.Ak, pada saat melapor Kepada Bupati Banyumas menyampaikan, PDAM Tirta Satria memperoleh penghargaan karena kinerja yang dijalankan berdasarkan hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Jawa Tengah dan dari Konsultan Akuntan Publik (KAP) menunjukan hasil kinerja yang baik yaitu meliputi Aspek Keuangan, Operasional,Administrasi, dan Sumber  Daya Manusia (SDM).

PDAM Tirta Satria Kabupaten Banyumas selama 3 tahun terakhir secara berturut-turut mendapatkan Penilaian Kategori Baik dan Sehat berdasarkan formulasi Penilaian BPPSPAM dan Kepmendagri No. 47 tahun 1999. Indikator-indikator yang mempengaruhi keberhasilan PDAM Tirta Satria diantaranya disebabkan adanya peningkatan pada Aspek Operasional.

Beberapa hal yang telah ditempuh dalam meningkatkan kinerja PDAM,jelas Agus, antara lain melalui penambahan kapasitas produksi air dengan mengoptimalkan sumber-sumber air yang ada, memperluas jaringan perpipaan, penggantian jaringan perpipaan yang telah habis usia ekonomisnya, melakukan penanggulangan kebocoran, dan juga mendekatkan pelayanan pembayaran dengan konsumen.

"PDAM sudah melakukan kejasama dengan Perbankan dan Pihak Swasta untuk menerima pembayaran pelanggan, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa dan Kelurahan sebagai tempat pembayaran,layanan drive true yang akan terus ditambah,dan juga pembayaran secara online dimana setiap pelanggan bisa membayar dimana saja, juga bekerja sama dengan Lembaga Perwakilan Pelanggan Air Minum di Kabupaten Banyumas dalam meningkatkan pelayanan dan melakukan penanganan pengaduan dalam waktu 1 kali 24 jam" imbuhnya.

Menurutnya, prestasi ini juga tidak lepas dari peran Dewan Pengawas (DP) PDAM Tirta Satria Kabupaten Banyumas yang selalu melakukan pengawasan secara ketat. "Kami dan DP PDAM berkomitmen untuk bekerja dengan baik guna membesarkan perusahaan milik Pemerintah Kabupaten Banyumas ini, dan hasil jerih payah selama ini, mendapat penilaian baik  se-Indonesia," tandasnya.

Bupati Achmad Husein mengatakan, penghargaan yang diterima PDAM adalah merupakan hasil kinerja yang telah dijalankan dan diakui oleh Pemerintah Pusat."Ini merupakan prestasi yang sangat baik untuk dapat dipertahankan dan menjadi motivasi untuk kinerja kedepan yang lebih baik lagi dan saya mengucapkan terima kasih atas kinerja yang telah dijalankan untuk selalu ditingkatkan", imbuhnya.

Menurutnya  penghargaan ini memang bukan satu-satunya tolak ukur tetapi  justru harus menjadi pemicu untuk lebih besungguh-sungguh dalam meningkatkan kinerjanya dalam melayani masyarakat "yang terpenting tidak lagi ada keluhan masyarakat dalam pelayanan PDAM baik dari jangkauan tempat pembayaran, ketersediaan air, juga penanganan pengaduan pelanggan", tambahnya.

Husein berharap kedepan PDAM Tirta Satria untuk dapat mencari inovasi-inovasi baru dalam memberikan pelayanan air bersih dan sehat di Banyumas sehingga masyarakat Banyumas akan lebih senang "salah satu tolak ukur kinerja adalah masyarakat merasa senang atas pelayanan yang diberikan" jelasnya. (Yon Hms)


23 04 2015 08:12:35