MENINGKATKAN BERPIKIR POSITIF DALAM KESUCSESAN

Kabupaten Banyumas

Oleh Goto  Kuswanto, SIP.MMWidyaiswara UtamaKantor Diklat Kab. Banyumas

ABSTRAK

Dalam kehidupan pada era globalisasi ini banyak orang yang berpikir negatif hingga mereka merasa frustasi, menimbulkan penyakit kejiwaan dan fisik sehingga dapat merampas kehidupannya dan dapat berakibat penderitaaan serta jadi menjauhkan dari Allah berakibat dapat berperilaku yang merugikan kehidupannya di dunia maupun akhirat nantinya. Manusia pasti mengharapkan atau menginginkan kehidupan yang bahagia, sucses dan dapat terpenuhi kebutuhan finansial serta kemandirian dalam pekerjaan untuk dapat mencapai apa yang diharapkan penulis coba mengarahkan “ Bagaimana meningkatkan berpikir secara positif dalam rangka berinteraksi. Strategi berpikir positif yang terdiri dari. Strategi  mengubah masa lalu, Strategi teladan, Strategi orang lain, Strategi mengubah konsentrasi dan Strategi hasil yang positif,  dapat dilakukan salah satu dari lima strategi tersebut yang merupakan dasar langkah manusia dalam berinteraksi dengan individu lain untuk dapat terjalinnya hubungan yang saling menghargai dalam segala aspek kehidupan.

Kata kunci : Strategi berpikir positif, Kesuksesan

PENDAHULUAN

Manusia sebagai makhluk sosial tidak lepas dari kehidupan yang saling membutuhkan dalam memenuhi kebutuhan kita,dikatakan sebagai makhluk yang sempurna dibanding dengan makhluk lain antara lain manusia dikarunia pikiran dan perasaan. Dalam interaksi kita dengan individu yang lain tidak lepas dari pola pikir (Mindset)  atau sekumpulan pikiran yang terjadi berkali-kali diberbagai tempat berpikir dalam rangka untuk mewujudkan keberhasilan baik secara positif maupun berpikir negatif

Jika Anda berpikir negatif terhadap pekerjaan atau pasangan Anda maka akal akan mengesampingkan sisi lain dari pasangan dan pekerjaan Anda, karena pikiran negatif berusaha selalu mencari dan memikirkan hal-hal negatif yang terjadi di masa lalu, Jika sudah demikan hidup akan diwarnai perasaan dan keyakinan negatif hingga menimbulkan berbagai masalah  kemudian menimbulkan rasa cemas dan menumbuhkan rasa takut menghadapi masa depan. Dalam kehidupan pada era globalisasi ini banyak orang yang berpikir negatif hingga mereka merasa frustasi, menimbulkan penyakit kejiwaan dan fisisk sehingga dapat merampas kehidupannya dapat berakibat penderitaaan serta jadi mejauhkan dari Allah sehingga dapat berperilaku yang merugikan kehidupannya di dunia maupun akhirat nantinya.

Kehidupan material persaingan yang ketat, dan perubahan cepat yang terjadi dalam kehidupan ini membuat banyak orang larut terbawa arus hingga menjauh dari Allah, Menyimak dari fenomena tersebut diatas pada prinsipnya itu semua disebabkan salah satu faktor adalah pola pikir yang berpikir negatif

Manusia pasti mengharapkan atau menginginkan kehidupan yang bahagia, sucses dan dapat terpenuhi kebutuhan finansial serta kemandirian dalam pekerjaan untuk dapat mencapai apa yang diharapkan penulis coba mengarahkan “ Bagaimana meningkatkan berpikir secara positif dalam rangka mencapai kehidupan yang sucses.

PEMBAHASAN

Pengertian Meningkatkan

Kata “meningkatkan” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kata kerja dengan arti antara lain:

  • Menaikkan (derajat, taraf, dsb); mempertinggi; memperhebat (produksi  dsb);
  • Mengangkat diri; memegahkan diri.

Sedang Menurut Moeliono seperti yang dikutipSawiwati, peningkatan adalah sebuah cara atau usaha yang dilakukan untuk mendapatkan keterampilan atau kemampuan menjadi lebih baik.

Berdasarkan kedua pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa di dalam makna kata “meningkatkan” tersirat adanya unsur proses yang bertahap, dari tahap terendah, tahap menengah dan tahap akhir atau tahap puncak.

Sedangkan “meningkatkan atau peningkatan” yang penulis maksudkan lebih banyak berpikir yang meningkatkan harapan untuk kesucsesan dalam kehidupannya.

Pengertian Berpikir Positif.

  • Pemikir adalah orang yang meletakkan pikiran di akalnya. Inilah sumber segala sesuatu, Pemikiran yang menetukan keinginannya, kemudian ia memilih cara dan merealisasikan dengan perbuatan, Seorang pemikir bebas meilih apakah ia akan meletakkan pikiran negatif atau positif di akalnya.
  • Pikiran adalahsesuatu yang ada semesta ini dimulai dari pikiran menjadi kemungkinan, menjadi tujuan , melahirkan perbuatan dan menjadi kenyataan
  • Berpikir Ketika memutuskan untuk memilih pikiran tertentu negatif atau positif, seorang pemikir akan meletakkan pikiran tersebut di otaknya pikiran menciptakan perhatian, konsentrasi, perasaan serta tindakan akibatnya.
  • Berpikir posisitf adalah sumber kekuatan dan sumber keberhasilan disebut sumber kekuatan karena  ia membantu untuk memikirkan solusi sampai mendapatkannya . Dengan begitu bertambah mahir, percaya, dan kuat. Disebut kebebasan karena dengannya akan terbebas dari penderitaan dan kungkungan pikiran negatif serta pengaruhnya pada fisik. (Dr. Ibrahim Elfiky).
  • Pikiran positif adalah pikiran yang dapat membangun dan memperkuat kepribadiaan diri dan Karakter (Sakina:2008).
  • Berpikir positif adalah cara berpikir yang diproses secara positif yang menghasilkan pemikiran-pemikiran dan sikap-sikap yang baik yang dapat mebuat manusia menjadi bersemangat, malakukan hal-hal yang benar dan menjadi bahagia, Berpikir positif adalah suatu sifat yang harus dimiliki oleh setiap individu, karena dengan sifat-sifat ini, banyak hasil yang akan diperoleh, Pikiran positif tak akan membuat kita menjadi berhenti karena keterbatasan manusia pikiran positif justru akan membuat kita menjadi kekuatan kita hari demi hari, berperilaku positif terdiri dari tiga komponen yaitu: Muatan pikiran,, Penggunaan pikiran dan Pengawasan pikiran.

Pengertian Hidup Sucses

Menurut Brian Tracy sukses di artikan sebagai berikut. “Success is the ability to live your life the way you want to live it, doing what you most enjoy, surrounded by people who you admire and respect.”- Brian Tracy, Million Dollar Habits. Artinya :  Sukses adalah kemampuan untuk menjalani hidup Anda sesuai dengan keinginan Anda, melakukan apa yang yang paling dinikmati, dikelilingi oleh orang-orang Anda senangi dan hormati.
“Success is the progressive realization of a worthy ideal.” - Earl Nightingale, The Strangest Secret. Artinya Sukses adalah realisasi progresif. 

Kalau menurut Zig Ziglar pengertian sukses adalah “mendapatkan banyak hal yang bisa dibeli oleh uang – dan semua hal yang tak bisa dibeli oleh uang. Anda bisa membeli kasur, tapi Anda tak bisa membeli tidur yang nyenyak.”Pengertian Strategi dalam wikipedia adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu.

Meningkatkan berpikir positif

Dalam rangka untuk meningkatkan berpikir positif ada beberapa strategi yang dapat penulis sampaikan antara lain adalah :

Strategi mengubah masa lalu

  • Pikirkan satu pengalaman negatif yang di alami pada masa lalu, lantas perhatikan ekspresi wajah, gerak tubuh, perasaan, dan perilaku.
  • Pikirkan pelajaran yang dapat di petik dari pengalaman itu
  • Bayangkan waktu membawa ke masa lalu dan menghadapi peristiwa yang sama, Siapkan ekspresi wajah dan gerak tubuh yang sesuai, Gunakan ketrampilan yang telah di pelajari, Perhatikan perasaan, pasti merasa lebih baik dengan memanfaatkan pelajaran yang telah didapatkan
  • Bayangkan dalam menghadapi masalah serupa di masa yang akan datang. Perhatikan sikap perasaan, akal yang semakin lihai berinteraksi dengan masalah seperti itu, Karena itu lakukan berkali-kali strategi ini agar masa lalu menjadi pengalaman berharga.

Strategi Teladan (modelling)

Sejak kecil kita terbiasa meniru orang lain untuk membentuk kepribadian kita. Kepribadiaan adalah sekumpulan perilaku yang ada pada seseorang dan menjadi pembeda dengan orang lain. Strategi teladan ini berhubungan dengan pembentukan cara pandang, keyakinan, dan nilai-nilai yang ada pada seseorang yang kita anggap sebagai figur yang baik dalam bidang tertentu. Ketika kita menghadapi persoalan di bidang yang sama maka kita akan bersikap seperti orang yang kita tiru. Kiat dalam menerapkan strategi teladan.

  • Bayangkan seseorang yang di idolakan karena ketenangan dan kebijaksanaannya.
  • Bayangkan dalam menggunakan cara-cara tokoh idola, dan perhatikan perasaannya
  • Seakarang bayangkan dalam menghadapi masalah yang sama yang akan datang. Perhatikan cara-cara menyikapinya.

Startegi Orang lain

Strategi orang lain dapat membantu kita melihat sesuatu berdasarkan cara pandang orang lain. Dengan demikian kita dapat memiliki kemampuan menyesuaikan diri yang lebih besar dalam menyikapi masalah, kemudian mengubahnya menjadi positif. Untuk mendapatkan hasil yang positif dari strategi ini. Kita harus benar-benar jujur, ketika membayangkan sosok orang lain bayangkan diri kita seperti orang lain. Hal itu akan membantu kita evaluasi keadaan berdasarkan cara pandang dia. dan cara pandang kita.

Strategi Mengubah Konsentrasi.

Strategi mengubah konsentrasi adalah sekumpulan pertanyaan yang tanpa sadar  kita gunakan menghadapi masalah. Strategi mengubah masa lalu, ini sama dengan kegiatan evaluasi diri dalam menghadapi pengalaman hidup, Jika ecaluasi ini negatif maka seseorang akan bersikap negatif, Ketika evaluasi diri bersifat positif maka hasilnya pun positif

Strategi hasil yang positif

Strategi hasil yang positif akan membantu dalam memusatkan perhatian pada hasil lain yang memungkinkan untuk beralih orang lain dengan menerapkan sbb.

  • Pikirkan masalah yang sama dan kita tidak mendapatkan hasil yang diinginkan.
  • Pikirkan perilaku yang dapat kita lakukan.
  • Perhatikan perasaan kita sekarang, dan merasakan sesuatu yang positif karena akan mendapatkan hasil positif yang diinginkan 

Semakin strategi kita lakukan dalam kita menghadapi siapapun, Dengan demikian telah melatih pikiran kita menjadi lebih lihai dan fleksible dalam menghadapi situasi. Startegi akan menjadi bagian dan kebiasaan positif yang dapat digunakan dalam setiap aspek kehidupan.

PENUTUP

Kesimpulan

Berdasarkan uraian-uraian yang telah dijelaskan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa strategi berpikir positif yang terdiri dari. Strategi  mengubah masa lalu, Strategi teladan, Strategi orang lain, Strategi mengubah konsentrasi dan Strategi hasil yang positif,  kita dapat melakukan salah satu dari lima strategi tersebut yang merupakan dasar langkah manusia dalam berinteraksi dengan individu lain untuk dapat terjalinnya hubungan yang saling menghargai.

Semakin strategi kita lakukan dalam kita menghadapi siapapun, dapat melatih pikiran kita menjadi lebih lihai dan fleksible dalam menghadapi situasi. Startegi akan menjadi bagian dan kebiasaan positif yang dapat digunakan dalam setiap aspek kehidupan.

DAFTAR PUSTAKA

 

Pradipta Sarastika.  2014. Stop Minder Grogi . Yogyakarta: Araska Publishern

Hersey, Paul & Blanchard, Ken. 1982. Manajemen Perilaku Organisasi : Pendayagunaan Sumber Daya Manusia Edisi Keempat, Erlangga. Jakarta.

Kumorotomo, Wahyudi. 1992. Etika Administrasi Negara, Rajawali Pers, Jakarta.

Kumorotomo, Wahyudi. 1992, Etika Administrasi Negara, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta

Farozin, H Muh dan Nur Fathiyah, Kartika. 2003, Pemahaman Tingkah Laku, Rineka Cipta, Yogyakarta

Fernanda, Desi. 2003, Etika Organisasi Pemerintah, Lembaga Administrasi Negara – Republik Indonesia, Jakarta

Kossen, Stan. 1993, Aspek Manusiawi dalam Organisasi, Erlangga, Jakarta

Martono, E. 1991, Etika Komunikasi Kantor Sebagai Landasan Pembinaan Tenaga Kerja, Karya Utama, Jakarta

Purwanto, Yadi. 2007, Etika Profesi Psikologi Profetik Perspektif Psikologi Islami, Refika Aditama, Surakarta

 

       


17 02 2015 07:57:15