Pembayar Raskin Tercepat Mendapat Penghargaan

Kabupaten Banyumas

Pembayar Raskin Tercepat Mendapat Penghargaan

Pemda – Pemerintah Kabupaten Banyumas bersama Perum Bulog Divre IV Banyumas mengadakan sosialisasi program Program Beras untuk Rumah Tangga Miskin (Raskin), Selasa (17/2) di Gedung Graha Satria Purwokerto.

Asekabangkesra Sekda Kabupaten Banyumas Didi Rudwianto yang membacakan sambutan Bupati mengatakan kegiatan bertujuan untuk menyamakan pandangan, sinergi dan gerak langkah tim koordinasi Raskin tingkat kabupaten dan kecamatan yang mendapatkan penyaluran Raskin di Kabupaten Banyumas pada tahun 2015.

Bupati berharap agar program raskin terjadi pemerataan dan tepat sasaran kepada yang benar-benar membutuhkan. “Agar program Raskin tahun 2015 dapat berjalan dengan lancar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu tepat sasaran, tepat jumlah, tepat harga, tepat waktu, tepat administrasi, dan tepat kualitas.” Kata Bupati

“Program Raskin ini sangat penting sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan berupa program raskin yaitu program nasional yang bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran pengeluaran rumah tangga sasaran peneriman manfaat Raskin, melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan dalam bentuk beras.” lanjut Bupati.

“Fungsi program Raskin adalah untuk memperkuat ketahanan pangan keluarga miskin sebagai pendukung bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia dan mencegah penurunan konsumsi energi dan protein, pendukung usaha tani pada sektor lainnya, serta peningkatan pemberdayaan ekonomi daerah. Program Raskin juga berdampak langsung terhadap stabilitas harga beras, yang akhirnya juga berperan dalam menjaga stabilitas ekonomi nasional.” paparnya.

Dalam sosialisasi ini, Pemkab Banyumas memberikan penghargaan bagi kecamatan dan desa atau kelurahan terbaik dalam pelunasan Raskin 2015. Penghargaan tersebut diperoleh oleh tiga kecamatan dan tiga desa yaitu; Kecamatan Purwokerto Selatan sebagai terbaik pertama, Kecamatan Kedungbanteng sebagai terbaik kedua, dan Kecamatan Purwokerto Barat sebagai terbaik ketiga. Adapun kategori desa dimenagkan oleh Desa Cibangkong Kecamatan Pekuncen sebagai terbaik pertama, Desa Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat sebagai terbaik kedua, dan Desa Somagede Kecamatan Somagede sebagai terbaik ketiga.

Kasub Bulog Sub Divre IV Banyumas, Rudi Amran mengatakan sasaran program raskin Tahun 2015 adalah berkurangnya beban pengeluaran 15.530.897 Rumah Tangga Sasaran (RTS)  dalam mencukupi kebutuhan pangan beras melalui penyaluran beras bersubsidi dengan alokasi sebanyak 15 kg/RTS/bulan.

“Indonesia, 95 % dari jumlah penduduknya mengkonsumsi beras sebagai bahan utama, dengan rata-rata konsumsi beras sebesar 113,7 kg/jiwa/tahun (BPS, 2011). Tingkat konsumsi itu jauh di atas rata-rata konsumen dunia yang hanya sebesar 60 kg/jiwa/tahun.” tuturnya.

TIM PPL IAIN Purwokerto


18 02 2015 08:10:50