PIK SMAPHA dan Duta Mahasiswa Banyumas Maju Propinsi

Kabupaten Banyumas

PIK SMAPHA dan Duta Mahasiswa Banyumas Maju Propinsi

 

BANYUMAS - Paduan Suara PIK Bahagia SMA Negeri 4 Purwokerto dan Nabelka Putriana Duta Mahasiswa Banyumas asal Universitas Muhammadyah Purwokerto, berhak maju lomba tingkat propinsi setelah menjadi Juara I pada Pemilihan Duta Mahasiswa Genre dan Lomba Paduan PIK Remaja Tingkat Eks Karesidenan Banyumas, Senin (11/5) di Rumah Makan Oemag Daun Purwokerto.

 

Kasubbid Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga Bapermas PKB Kabupaten Banyumas Istherina Flamboyan SH mengatakan bahwa Duta Mahasiswa Generasi Berencana 2015 (GenRe) bertugas sebagai figur motivator bagi mahasiswa lain dalam mensosialisasikan program GenRe.

 

Menurutnya pemilihan duta mahasiswa GenRe dan Lomba Paduan Suara hanya diikuti oleh 4 peserta dari empat kabupaten. “Peserta merupakan Juara dimasing-masing daerahnya” jelasnya.

 

Ester mengemukakan, kegiatan ini dilator belakangi  dengan permasalahan remaja termasuk mahasiswa yang demikian komplek saat ini diantaranya rentan terhadap perkawinan usia dini, penyalahgunaan obat-obat terlarang, sex bebas serta berujung terinfeksi HIV/AIDS.

 

Para duta GenRe ini diharapkan menjadi figur motivator sekaligus ikon dikalangan mahasiswa karena dapat berperan layaknya sebagai teman dilingkungannya. Berbeda jika dibandingkan harus berbagi cerita dengan orang tuanya.

 

“Selain memberdayakan Duta GenRe, BapermasPKB juga mengembangkan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) yang berbasis mahasiswa, pelajar dan masyarakat yang menjadi sarana penyebar luasan informasi program Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera (KB/KS) dikelompoknya” tambah Ester.

 

Sementara itu Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera (Kabid KB-KS) BapermasPKB Kabupaten Banyumas Drs Slamet Hartono, mengatakan bahwa penilaian dalam pemiliohan Duta Mahasiswa Genre dititik beratkan pada pemahaman terhadap substansi materi program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB), penampilan dalam menyajikan materi, pengetahuan umum/khusus, kemampuan berkomunikasi, bakat serta etika berperilaku.

 

Pada saat pengumuman pemenang, Nabelka Putriana ditetapkan yang terbaik sedangkan untuk Duta Mahasiswa Putra Banyumas Randy Nur Rahman dari Unsoed Purwokerto berada diposisi kedua, untuk urutan pertama diraih oleh Duta Mahasiswa dari Kabupaten Cilacap.

 

Parsito : Sub Bagian Pemberitaan dan Dokumentasi


12 05 2015 07:20:39