Dua Penggalang Banyumas Akan Ikuti Jambore Pramuka Dunia

Kabupaten Banyumas

Dua Penggalang Banyumas Akan Ikuti Jambore Pramuka Dunia

 

Dua pelajar SMP dari Kabupaten Banyumas yang menjadi Penggalang Garuda berprestasi tingkat Kwarda Jawa Tengah, akan bergabung dengan rombongan Pramuka Garuda Kwartir Nasional dalam ajang Jambore Pramuka Dunia Ke-23 di Jepang 28 Juli-8 Agustus 2015 mendatang.

 

Pramuka Penggalang tersebut adalah Tri Rizki Nurfalah (Rizki) dari SMP Negeri 1 Sumbang dan Pradita Ajeng Sekar Arum (Ajeng) dari SMP Negeri 1 Wangon, akan menjadi wakil dari Kwartir Daerah Jawa Tengah.

 

Ketua Bidang Humas dan Abdimas Agus Nur Hadie mengatakan mereka berdua merupakan pramuka garuda berprestasi tahun 2014 tingkat Propinsi Jawa Tengah. “Pada tahun 2014 Banyumas mengirimkan 4 Penggalang  Garuda untuk mengikuti seleksi Garuda Berprestasi Tingkat Jawa Tengah dan semua meraih prestasi yaitu Penggalang Putra Tri Rizki Nurfalah SMP N 1 Sumbang Juara I dan Cahyo Yulianto SMP N 1 Rawalo Juara III, Penggalang Putri Pradita Ajeng Sekar Arum SMP Negeri 1 Wangon Juara II dan Khusna Azizah Juara III, namun yang berkesempatan mengikuti Jambore Dunia hanya dua orang” kata Agus. 

 

Ditanya soal kesiapannya, Rizki anak kelahiran Sumbang Banyumas, 2 Nov 1999, anak dari Dul Machi (alm) dan Rukidah yang mempunyai cita-cita dari ingin menjadi Prajurit TNI AD ini mengatakan belum mengadakan persiapan khusus. “Baru belajar memperbanyak kosa kata bahasa inggris dari guru sekolah” katanya singkat.

 

Anak ketiga dari empat bersudara yang memiliki motto “hiduplah seperti padi yang semakin berisi semakin merunduk” ini mengaku siap untuk mengikuti Jambore Nasional. “Sebagai Pramuka Penggalang Garuda Berprestasi saya telah diajarkan oleh para Pembina dan pelatih untuk selalu siap untuk membawa nama baik diri, keluarga dan daerah. Dan karena ini sudah tingkat dunia maka tentu akan membawa baik nama Indonesia” katanya.

 

Sedangkan Ajeng mengaku telah siap mengikuti kegiatan. Saat ini ia sedang menekuni pembelajaran tentang Bahasa Inggris untuk komunikasi selama kegiatan dengan pramuka dari berbagai negara tersebut. Nantinya para duta pramuka ini juga akan mendapatkan pelatihan di kwartir nasional. ”Persiapan bertahap, apalagi sebentar lagi saya juga akan mengikuti ujian nasional. Jadi semua persiapan ini terus berjalan beriringan,” kata siswi Kelas IX E tersebut.

 


27 04 2015 07:40:48