PIK R “Bahagia” SMAN 4 Purwokerto Maju Lomba Tingkat Provinsi

Kabupaten Banyumas

PIK R “Bahagia” SMAN 4 Purwokerto Maju Lomba Tingkat Provinsi

Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Bahagia SMA Negeri 4 Purwokerto, mewakili Kabupaten Bannyumas maju lomba tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Kasubbid Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga Bapermas PKB Kabupaten Banyumas Esterina Flamboyan SH mengatakan bahwa PIK R Bahagia setelah diadakan evaluasi menjadi yang teraktif dalam melaksanakan ketiga program kesehatan reproduksi remaja atau Triad KRR yang meliputi seksualitas, Napza serta HIV dan Aids. “Dari evaluasi yang kami lakukan bersama tim, SMA 4 sudah melaksanakan kegiatan penanganan masalah Triad KRR sehingga menjadi yang terbaik di Banyumas sehingga berhak maju tingkat Propinsi” katanya.

Lebih lanjut Ester mengatakan PIK Remaja adalah suatu wadah kegiatan program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja. “Kegiatan dalam PIK Remaja adalah memberikan komunikasi informasi edukasi (KIE), konseling dan kegiatan lain bagi remaja, untuk menjadikan generasi sehat dan berencana” tambahnya.

Sementara itu Pembina PIK R SMA Negeri 4 Nining Indriyatun mengatakan PIK binaanya terdapat pendidik sebaya dan konselor sebaya. Hal ini karena pada umumnya remaja akan lebih terbuka dalam mengungkapkan permasalahan yang dihadapi dengan teman sebayanya. “Kami telah mempunyai 5 pendidik sebaya dan 5 konselor sebaya yang terlatih yang selalui siap menerima dan memberikan konseling kepada temenya yang datang untuk curhat” kata Nining.

Walaupun PIK Bahagia belum berumur satu tahun atau berdiri pada tanggal 17 Juli 2014, namun telah banyak melakukan kegiatan bagi remaja seperti pendampingan dengan temen sebaya, KIE Kesehatan Reproduksi, KIE tentang HIV/AIDS, KIE tentang Napza dan lain-lain. “Kami telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak selain Bapermas PKB selaku pembina teknis, kami juga bekerja sama dengan Polres, BNK, KPA dan PMI” tambahnya

Lebih lanjut Nining mengatakan karena permasalahan yang dihadapi begitu komplek maka untuk kepengurusannya melibatkan semua pengurus yang ada disekolah. “Sebagian Pengurus PIK juga pengurus OSIS, Pramuka, PMR, Pecinta Alam dan lainya sehingga apabila ada informasi tentang Triad KRR pengurus ini dapat meneruskan ke anggota oraganisasi yang ada” jelasnya.

Kegiatan organisasi PIK remaja ini memang telah banyak melakukan kegiatan variatif dan inovatif. Kelompok ini telah mampu melakukan kegiatan disertai dengan tujuan dan sasaran yang jelas. “Kami berharap PIK Remaja Bahagia kedepan akan semakin mampu menjadi partner pemerintah dalam upaya PKBR yang lebih baik dan mewujudkan generasi berencana, sebagaimana PIK Remaja Gibita Desa Rempoah Baturraden yang pernah meraih Juara I Tingkat Nasional tahun 2010 dan terus aktif dalam berkegiatan” pungkas Nining  

Parsito : Pemberitaan dan Dokumentasi


13 03 2015 07:40:36