Banyumas Extravaganza 2015 Angkat Kreasi Payung dan Batik

Kabupaten Banyumas

Banyumas Extravaganza 2015 Angkat Kreasi Payung dan Batik

 

PURWOKERTO – Ajang Banyumas Extravaganza 2015 yang menjadi puncak rangkaian acara peringatan Hari Jadi Ke-433 Banyumas Tahun 2015 akan mengusung kreasi payung dan batik Banyumasan. Konsep ini diharapkan menjadi terobosan baru pariwisata Banyumas.

 

Kepala Bidang Pariwisata Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, Deskart Sotyo Jatmiko, mengatakan, produksi kreasi payung Kalibagor yang sedang naik daun perlu dikenalkan kepada wisatawan.

 ”Tahun lalu, kami mengangkat tema topeng dalam balutan batik. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, kami akan mencoba memadukan payung dan batik,” ujarnya, kemarin.

 Libatkan Kecamatan

 

Deskart menambahkan, untuk peserta dibebaskan membuat kreasi payung sendiri, atau memesan dari produsen payung hias. Demikian pula untuk desain batik sebagai kostum wajib dalam pawai tahunan ini.

 

Dia menjelaskan karnaval kali ini tetap akan melibatkan kelompok kesenian dari kecamatan, pengusaha, perguruan tinggi dan perbankan. Hampir serupa dengan peserta tahun lalu, pawai juga dimeriahkan dengan peserta dari pelajar sekolah.

 ”Mengenai teknis akan dibahas selanjutnya di kepanitiaan. Seperti rute, pengamanan dan persiapan para peserta,” ujarnya.

 

Kepala Bidang Kebudayaan, Rustin Harwanti mengatakan, peringatan hari jadi dimulai dari kegiatan ziarah makam dan kirab pusaka pada 4-5 April. Selanjutnya, selama sepekan Dinporabudpar mengusulkan program sepekan memutar musik Calung Banyumasan.

 ”Setiap hotel, restoran, kantor dinas, sekolah, kantor desa maupun kecamatan diimbau untuk memutar iringan musik calung,” jelasnya.

 


26 02 2015 12:11:19