PIK Remaja SMAN 4 Masuk 3 Besar Provinsi

Kabupaten Banyumas

PIK Remaja SMAN 4 Masuk 3 Besar Provinsi

Tim Penilai Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Tingkat Provinsi Jawa Tengah mengevaluasi kegiatan PIK R Remaja Bahagia SMA Negeri 4 Purwokerto, Kamis (2/4) di sekolah tersebut.

Tim yang berjumlah 3 orang itu dipimpin oleh Drs Aan Supardan MM dari BKKBN Propinsi Jawa Tengah dengan angora Endang Ambarwati dari Dinas Pendidikan Meyning dari BKKBN.

Bupati Banyumas ikut hadhir menyambut Tim bersama ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Bapermas PKB dan Keluaga Besar SMA Negeri 4.

Dalam sambutan selamat datang tim disuguhi tari dan disesi akhir tim bersama bupati diajak “ngibing bareng” bersama-sama penari.

Bupati menyampaikan kepada Tim bahwa PIK di Banyumas pernah menjadi yang terbaik tingkat nasional tahun 2010. “Pik Remaja Gibita pernah menjadi yang terbaik di tingkat Nasional tahun 2010, maka untuk tahun 2015 ini kita berharap mengulang sukses yang sama” kata Bupati.

Bupati menyerahkan sepenuhnya kepada Tim untuk menilai sesuai standar yang ditentukan. “Bagi kami Juara bukanlah utama, tetapi menjadikan anak didik bisa menjadi anak yang terbebas dari pergaulan bebas, tidak menyalahgunakan narkoba dan terhindar dari HIV dan Aids itu lebih berharga” lanjut Bupati.

Dalam perkenalanan Aan Supardan menyampaikan kalau PIK Bahagia SMA Negeri 4 Purwokerto, sudah masuk 3 besar provinsi. “Dari 29 Profil yang dikirimkan ke BKKBN Provinsi PIK R Bahagia masuk 3 besar bersama PIK R Kabupaten Jepara dan Wonogiri” kata Aan.

Aan mengatakan bahwa kunjungannya hanya menyocokan data yang dikirim dengan kondisi lapangan. “Kami tidak menilai hanya sekedar menyocokan, apakah data yang dikirim sesuai dengan yang ada dilapangan” katanya.

Ketua PIK Bahagia Sultan Saefulloh memaparkan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oragnisasinya. “Sesuai tugas pokok utama kami adalah menyampaikan informasi terkait Triad KRR yang terdiri dari Sek bebas, Napza dan HIV/Aids. Namun agar penyampaian lebih menarik kami menggunakan cara yang mudah seper game fun, lomba poster, diskusi dan lain sebagainya” kata Sultan.

Sultan juga menyampaikan PIK R SMA 4 dapat berjalan karena kepengurusannya merupakan perwakilan dari berbagai organisasi yang ada di SMA 4 Purwokerto. “Karena Pengurus PIK juga pengurus organisasi iswa lain sehingga PIK bisa masuk kegiatan yang lain, hal yang sederhana adalah temen-temen PIK bisa menjadi juru bicara dan pemberi informasi terkaid Triad KRR” katanya.

Tim melihat semua administrasi, dari buku tamu, buku kas, sampai buku catatan konseling. Saat penilaian pengurus juga diminta untuk mempraktekan fun game PIK ular naga. Sultan memimpin temen-temanya bermain, sebagai bermain ular tangga juga ada dadu yang dilempar, yang membedakan adalah dalam setiap kotak ada pertanyaan yang terkait Narkoba, HIV dan Aids, Reproduksi Remaja, KB dan lain sebagainya. “Para pemain diminta untuk menjelaskan sesuai dengan pengetahuan sedangkan juri menjadi narasumber” kata Sultan.

Pada sesi kesan pesan Endang Ambarwati cukup terkesan. “Semua kegiatan sudah teradministrasi dengan baik, pengurus bisa menjelaskan tugas, bukan tidak mungkin PIK R SMA 4 mewakili Jawa Tengah menuju lomba Nasional” kata Endang yang mendapat tepuk tangan hadirin.

 


06 04 2015 08:56:16