City Branding ’’Better Banyumas’’ Mulai Diperkenalkan

Kabupaten Banyumas

City Branding ’’Better Banyumas’’ Mulai Diperkenalkan

PURWOKERTO – Setelah melalui proses panjang setahun terakhir, city branding Kabupaten Banyumas akhirnya mulai diperkenalkan kepada publik.

Secara resmi, launching sudah dilakukan bersamaan event extravaganza dalam rangka Hari Jadi Ke-433 Kabupaten Banyumas, di Alun-alun Purwokerto, beberapa waktu lalu. Acara tersebut juga dihadiri Gubernur Ganjar Pranowo.

Bupati Banyumas Achmad Husein didampingi tim perumus serta tim teknis sudah memperkenalkan langsung kepada kalangan media beberapa waktu lalu.  Hasil perlombaan yang dimatangkan tim perumus menyepakati, untuk logo dan tagline disepakati dengan nama ’’Better Banyumas’’ atau ’’Lebih Baik Banyumas’’.

’’Ini buah karya bersama dan peran serta berbagai kalangan yang sudah sepakat merumuskan dan memilih nama Better Banyumas. Sebutan ini bisa dimaknai dalam ragam arti, lebih baik di Banyumas, lebih baik ke Banyumas, atau arti lainnya’’ kata Bupati mengilustrasikan arti sederhana dalam keterangan persnya.

Bupati mengatakan, city branding arahnya adalah untuk memasarkan berbagai potensi dan kelebihan yang ada di kabupaten ini. Kemudian memberi nilai manfaat dan keuntungan bagi semua pihak.

Sebutan ini, katanya berbeda dari moto yang sudah ada, yakni ’’Banyumas Satria’’. Menurutnya, moto tersebut sebagai roh yang menjiwai perilaku dan tatanan kehidupan masyarakat Banyumas dan tetap dipertahankan atau tidak dihilangkan.

’’Kalau Banyumas Satria itu merupakan roh Banyumas yang tidak bisa dijual. Moto tersebut menjiwai salah satu sifat Banyumas yang cablaka. Namun, untuk logo dan tagline hasil city branding merupakan hal yang nantinya bisa menjual Banyumas ke luar,’’ jelasnya.

Setelah diperkenalkan, lanjut Bupati, tugas selanjutnya justru yang lebih berat. Logo dan tagline tersebut harus disosialisasikan secara masif ke semua kalangan dan lapisan masyarakat.

Tahun pertama ini untuk perkenalan dan menggencarkan sosialisasi, tahun kedua mulai menjual, dan ketiga harus mulai ada hasil. Bila perlu, sarannya, semua pihak harus melakukan percepatan di semua lini.

Untuk mendukung itu, katanya, semua SKPD diminta mulai mensinkronkan dengan programnya dengan city branding Banyumas.

Lebih lanjut Bupati mengatakan karena ‘brand’ yang diusung merupakan persepsi yang baik atas suatu wilayah, yakni Banyumas menjadi lebih baik. 'Better Banyumas' diharapkan juga bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam menjalankan tugasnya dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Selain itu brand 'Better Banyumas' tersebut akan mencerminkan ikatan emosional masyarakat  Banyumas sehingga ‘brand’ tersebut tidak hanya menjadi milik pemerintah semata tetapi juga menjadi milik masyarakat secara utuh” lanjutnya.

 


20 05 2015 07:41:11