Wabub Resmikan BI Corner di Perpusarda

Kabupaten Banyumas

 

Wabub Resmikan BI Corner di Perpusarda

 

PURWOKERTO – Wakil Bupati Banyumas dr. Budhi Setiawan meresmikan BI Corner yang berada di Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Banyumas, Rabu (1/7). BI Corner merupakan bagian dari Perpustakaan Bank Indonesia yang ditempatkan di luar lingkungan Bank Indonesia.

 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Rahmat Hernowo, mengatakan BI Corner bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang bank sentral kepada masyarakat. Di dalam BI Corner terdapat buku-buku umum maupun buku tentang bank sentral dan buku-buku terkait perekonomian. ”Selain itu juga ada leaflet, brosur, dan majalah BI yang isinya dapat menambah pengetahuan masyarakat lebih kenal dengan Bank Indonesia serta melek ekonomi dan secara berkala akan diganti dengan buku perpustakaan yang ada di BI agar tidak terjadi kejenuhan” katanya

 

Hernowo berharap setelah sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat lebih mengenal BI, sehingga tidak salah persepsi bahwa BI layaknya bank biasa yang dapat melayani simpanan (tabungan) dan memberi pinjaman (kredit). “Walaupun perpustakaan BI lengkap jarang yang berkunjung disana, mungkin karena enggan atau karena selalu ada pengamanan” katanya.

 

Rahmat Hernowo melanjutkan, sebenarnya BI Corner akan diresmikan secara serentak seluruh Indonesia, tetapi karena sesuatu hal, baru yang ada di Perpusarda Kabupaten Banyumas yang dapat direalisasikan.

 

Dalam sambutanya Wakil Bupati dr. Budhi Setiawan sangat menyambut baik keberadaan BI Corner yang ada di Kantor Perpusarda. “Dengan adanya BI Corner ini kita berharap pengunjung disini semakin meningkat tidak hanya 250-300 hari perorang tetapi bisa 500 orang perhari” kata Wakil Bupati.

 

Lebih lanjut Wakil Bupati menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Jajaran BI yang pada 1 Juli berulang tahun yang ke 52. Setelah pernyataan pembukaan Wakil Bupati didaulat untuk meniup lilin dan menerima potongan tumpeng ulang tahun yang dipotong oleh kepala perwakilan Rahmar Hernowo.

 

Usai peresmikan Kepala Pepusarda Kabupaten Banyumas MW Nur Sigit mengatakan bahwa nilai bantuan paket BI Corner sebesar Rp 75 juta yang diberikan Bank Indonesia kepada Perpusda ini. Bantuan berupa 250 buku, 1 paket rak buku, 1 buah televise, 1 unit computer dan tempat baca. “Selama setahun masih dalam pengawasan BI setelah setahun menjadi hibah kepada Pemerintah Kabupaten Banyumas” kata Sigit.

 

Turut hadir pada pertemuan ini Perwakilan Pimpinan Perguruan Tinggi di Purwokerto, Beberpa Kepala Sekolah SMP dan SMA, Perwakilan SKPD dan Pengurus serta Anggota Komunitas Cinta Baca Banyumas (Kancamas).

 

 


Selasa, 07 Juli 2015