WAKIL BUPATI SANTUNI KELUARGA PENDERES YANG MENINGGAL

Kabupaten Banyumas

Meninggalnya Katum 55 tahun, warga RT 4 RW 1 Desa Kasegeran, Kecamatan Cilongok, Banyumas saat menderes nira kelapa Senin (3/8) lalu, mendapat perhatian dari Wakil Bupati Banyumas dr. Budhi Setiawan.

Keluarga penderes itu menerima santunan berupa uang dari Wakil Bupati saat sedang melakukan droping air Rabu 6/8 di desa setempat.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati mengaku prihatin dan turut berbela sungkawa atas meninggalnya Katum saat menderes. “Kami sangat prihatin atas musibah ini, karena Bapak Katum merupakan penyangga keluarga, saya titip kepada Kepala Desa untuk segera mengurus administrasi agar santunan dari Pemerintah Kabupaten sebesar Rp 5 juta segera cair” kata Wabub sambil menyerahkan santunan pribadi kepada Narsih Istri Katum.

Jatuh dari Pohon Kepala Setinggi 10 m

Warsito Kepala Dusun I Desa Kasegeran menceritakan kronologis kejadian, hari Senin 3/8) seperti biasa mulai jam 4 sore, Katum sudah berangkat melaksanakan pekerjaanya sebagai penderes. Setelah naik berberapa pohon sekitar pukul 5 ada warga yang mengabarkan ada penderes jatuh.

Secara cepat warga memberi pertolongan, dan akan membawa korban ke rumah sakit. “Saat akan dinaikan mobil, nyawa Katum sudah sudah tidak dapat tertolong” kara Kadus itu.

Katum menjelaskan pohon kelapa setinggi kurang lebih 10 meter, saat Katum akan turun, pelepah kelapa yang dijadikan pegangan ambrol, mengakibatkan tubuh Katum terpelanting dan jatuh. “Sebenarnya pelapah yang digunakan untuk pegangan masih basah, memang biasanya seperti itu saat terjadi hujan gerimis membuat pelepas menjadi mudah ambrol” lanjut Warsito.

Warsito mengaku sangat kehilangan terhadap sosok penderes yang sudah menjalani profesinya kurang lebih 20 tahun itu. “Gula hasil olahan Bapak Katum termasuk golongan terbagus, karena beliau orang yang jujur, disaat orang lain ada yang mau mencampur nira, dirinya masih tetap bertahan dengan kemurnian gula kepapa olahanya, sehingga banyak dicari pembeli” tambahnya

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kab. Banyumas


Jumat, 07 Agustus 2015