Vistrand Purwokerto Timur Juara Festival Kentongan, Moro Favorit

Kabupaten Banyumas

Vistrand Purwokerto Timur Juara Festival Kentongan, Moro Favorit

 

Pemkab Banyumas mengumumkan enam pemenang lomba Festival Kenthongan Tingkat Kabupaten dalam rangka memeriahkan HUT ke-70 Republik Indonesia, pada Resepsi Kenegaraan, Senin malam (17/8) di Pendopo Sipanji Purwokerto. 

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan pariwisata, Rustin Herwanti mengatakan mengatakan tujuan festival tersebut adalah untuk melestarikan dan mengembangkan musik thek-thek kenthongan, menumbuh kebangkan grup-grup musik ini sekaligus untuk memeriahkan peringatan HUT RI ke 70.

Rustin melanjutkan sebagai juara pertama adalah Vistrand dari Kelurahan Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Timur. Grup tersbut berhasil menyisihkan 10 peserta lainnya dalam event yang berlangsung Jumat (15/8) malam itu.

Posisi kedua direbut oleh Bambu Krida Kencana dari Desa Tambak Sogra Kecamatan Sumbang dan juara tiga direbut grup Batara Kencana dari Desa Kembaran Kecamatan Kembaran.

Untuk juara harapan 1, 2 dan 3, masing masing direbut grup Putra Bikara dari Rawalo Kecamatan Rawalo, grup Rengkah Gunung dari Desa Beji Kecamatan Kedungbanteng dan Grup Kerabat dari Kelurahan Teluk Purwokerto Selatan. Sedangkan untuk Favorit direbut oleh Moro Ritel Purwokerto.

Festival Grand Final tersebut diikuti 10 peserta terbaik, juara dari audisi di tiga wilayah. Untuk penampilan exsibisi dari Moro Ritel, Grup Kentongan dari Purbalingga dan Grup dari Kabupaten Cilacap yang menampilkan berbagai ragam kreasi dan tarian. Ribuan penonton yang memadati area display di sebelah selatan Alun-alun Purwokerto sempat dibuat terpukau dan kagum waktu itu.

Kreteria penilaian adalah musik dan vocal, kreativitas dan Penampilan. Untuk juri melibatkan 6 orang dari seniman dan budayawan dari Banyumas dan luar Banyumas. Pemenang mendapatkan tropi, piagam dan uang pembinaan, jauara 1 Rp 3.250.000, juara II Rp 2.750.000, juara III Rp 2.250.000. Untuk harapan 1 Rp 1.750.000, harapan II Rp 1.500.000 dan harapan III Rp 1.250.000.

 

 


Rabu, 19 Agustus 2015