DKR KEDUNGBANTENG TERGIAT, KWARRAN PURWOKERTO UTARA BERTAHAN

Kabupaten Banyumas

DKR KEDUNGBANTENG TERGIAT, KWARRAN PURWOKERTO UTARA BERTAHAN

 

PURWOKERTO – Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Purwokerto Utara mempertahankan menjadi kwaran tergiat pada lomba kwaran Tahun 2015 yang dilaksanakan oleh Kwarcab Banyumas, sedangkan untuk Dewan Kerja Ranting (DKR) tahun ini direbut oleh DKR Kedungbanteng menggeser DKR Lumbir yang tahun kemarin menjadi tergiat I.

Penyerahan penghargaan diserahkan oleh Ketua Mabicab Ir Achmad Husein pada apel besar dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke 54 Tingkat Kabupaten Banyumas, Kamis (10/9) di Alun-alun Purwokerto.

Upacara tersebut berlangsung meriah tetapi khidmat dengan peserta upacara ribuan pramuka penggalang, penegak, pandega, pramuka dewasa dan tak ketinggalan ratusan pembina turut hadir di tribun undangan.

Kemeriahan upacara kali ini diawali dengan devile penghargaan yang diraih oleh Kwarcab Banyumas selama tahun 2014 dan awal 2015, dengan diawali oleh pasukan drum band dari SMK SPM Nasional Purwokerto, diikuti purna pasukan tunas muda dan pramuka penegak Banyumas dengan bangga mempersembahkan penghargaan untuk pegiat Pramuka Banyumas. Seluruh undangan yang hadhir spontan memberi tepuk tangan sebagai rasa bangga menjadi bagian dari Pramuka Banyumas.

Tak kalah gagahnya Pasukan Tunas Muda, pasukan khusus yang bertugas sebagai petugas upacara, dari pembawa acara, komandan upacara, pengucap Pancasila, UUD 1945, Dasa Dharma dan Dwi Dharma serta Pasukan Pengibar Bendera sukses melaksanakan tugasnya.

Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein dalam sambutanya mengajak agar peringatan hari pramuka menambah semangat dan tekad untuk membentuk kaum muda yang berkarakter.

Bupati juga mengucapkan selamat kepada anggota pramuka atas penghargaan yang diterima selama tahun 2015, sehingga Banyumas mempertahankan tergiat untuk yang ke 28 kalinya. “Bahkan kita berhasil mengirimkan 2 pramuka, mengikuti jambore dunia” tambahnya.

Kepada pengurus, pembina, pelatih Bupati meminta untuk terus mengevaluasi diri dan tidak cepat puas diri. “Atas prestasi yang diraih kita tidak boleh terus berleha-leha dan lerlena  apalagi jumawa, karena kwarcab-kwarcab lain terus berbenah dalam upaya meraih predikat tergiat” katanya.

Bupati mengintruksikan agar keberadaan Gugus Depan sebagai ujung tombak pergerakan, harus didukung semua komponen untuk mewujudkan Pramuka yang berkualitas, profesional dan berkarakter. “Tingkatkan sumber daya, sarana dan prasarana serta program kerja yang berkesinambungan dan jadikan kegiatan pramuka menjadi asik dan keren yang menambah anak didik menjadi tertarik” pungkasnya.

Pada upacara ini Bupati memberikan Lencana Melati, Lencana Dharma Bakti dan Lencana Pancawarsa kepada para pembina yang telah mengabdikan diri pada Gerakan Pramuka Banyumas.

Disamping itu Bupati bersama  juga memberikan penghargaan dengan menyematkan tiska kepada pramuka penggalang sebagai Pramuka Garuda berprestasi.

Hasil lengkap kejuaraan Dewan Kerja Ranting Tergiat I Kecamatan Kedungbanteng, Tergiat II Kecamatan Lumbir dan Tergiat III Kecamatan Kemranjen.

Sedangkan untuk Kwarran, Bidang Bina Muda Tegiat I Kecamatan Sumbang, Tergiat II Kecamatan Kedungbanteng dan Tergiat III Kecamatan Lumbir. Bidang Binawasa Tegiat I Kecamatan Purwokerto Utara, Tergiat II Kecamatan Baturraden dan Tergiat III Kecamatan Rawalo. Bidang Organisasi dan Hukum Tegiat I Kecamatan Lumbir, Tergiat II Kecamatan Tambak dan Tergiat III Kecamatan Purwokerto Utara.

Bidang Keuangan dan Sarana Prasarana Tegiat I Purwokerto Utara, Tergiat II Kecamatan Kecamatan Somagede dan Tergiat III Kecamatan Kemranjen. Untuk Bidang Humas Abdimas Tegiat I Kecamatan Kedungbanteng, Tergiat II Kecamatan Purwokerto Utara, Tergiat III Kecamatan Karanglewas II.


Jumat, 11 September 2015