SMPN 1 Karanglewas Pamerkan Kerajinan Daur Ulang Sampah

Kabupaten Banyumas

SMPN 1 Karanglewas Pamerkan Kerajinan Daur Ulang Sampah

 

Dengan media limbah rumah tangga siswa-siswi SMP Negeri 1 Karanglewas Kabupaten Banyumas berhasil membuat berbagai kerajinan. Ratusan bahkan sampai ribuan hasil kerajinan siswa itu dipamerkan kepada umum Sabtu (12/9) di aula sekolah setempat.

Kepala Sekolah Slamet, S.Pd saat membuka acara pameran mengatakan bahwa stand pameran merupakan perwakilan dari berbagai kelas yang dikoordinir oleh organisasi sekolah seperti Osis dan pramuka. “Pihak sekolah memfasilitasi, adanya pameran untuk memberi kesempatan kepada masyarakat untuk berkunjung disekolahnya, sekaligus memberi ruang kepada anak didiknya untuk berkreasi dan memanfaatkan limbah dan barang bekas ” katanya.

Selain itu Slamet mengatakan bahwa tujuan utama dari pameran adalah mengajarkan kepada anak didiknya agar peduli dan mencintai lingkungan. “Saat ini sampah terutama plastik begitu melimpah, apabila tidak kita olah maka akan menjadi rusaknya alam, karena plastik sulit terurai” tambahnya.

Untuk itulah Slamet bersama jajaran guru memberi tugas, kepada para siswa untuk mengumpulkan berbagai limbah dan barang bekas untuk dibuat ketrampilan dan menjadi bermanfaat. “Ada beberapa manfaat sekaligus dengan kegiatan ini, anak mendapatkan nilai dari pendidikan ketrampilan, kemudian mengurangi limbah yang akan merusak lingkungan juga bisa menambah kas untuk kelas dan organisasi sekolah” jelasnya.

Produk-produk hasil karya siswa-siswi SMP Negeri 1 Karanglewas yang dipamerkan antara lain miniatur sepeda motor dari limbah korek gas, aneka kerajinan dari batok kelapa, boneka dari serbuk gergajian kayu, aneka tas dari bungkus minuman, kerajinan kain perca, sulaman tangan untuk taplak meja, dan lain sebagainya.

Pameran siswa ini mendapat tanggapan dari masyarakat sekitar, tidak hanya melihat produk kerajinan yang ditampilkan, tidak sedikit dari pengunjung yang tertarik dan melaksanakan transaksi jual beli.


Senin, 14 September 2015