PHBI Banyums Gelar Sholat Idul Adha di Alun-Alun Purwokerto

Kabupaten Banyumas

PHBI Banyums  Gelar Sholat Idul Adha di Alun-Alun Purwokerto

Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banyumas menyelenggarakan sholat idul adha di Alun-alun Purwokerto, Kamis (24/9) Kemarin, diikuti kurang lebih dua sampe tiga ribu umat islam di sekitar kota Purwokerto bertindak selaku imam Ustad DR. Muhammad Sofyan Mubarrir, MA Al Hafidz pengasuh ponpes Darul Qur'an Purwokerto dan Khotib KH Chariri Shofa, M.Ag Ketua MUI Kabuapten Banyumas dan diawali dengan sambutan Bupati Banyumas Ir. H.Achmad Husein.

Sekretaris PHBI H. Imam Muklis mengatakan, sholat Idhul Adha 1436 H tahun 2015 di Alun-alun Purwokerto diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas bekerja sama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banyumas.

Dijelaskan jumlah Hewan Qurban dari Pemeintah Kabupaten Banyumas sebanyak 3 ekor sapi dan 8 ekor kambing dimana untuk sapi didistribusikan di Mushola Al Mansyur Desa Bojongsari Kecamatan Kembaran, Masjid Nurul Huda Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang dan Masjid An Nur Desa Pasir Lor Kecamatan Karanglewas, juga diserahkan 33 Sapi dan 98 kambing dari Al Irsyad Kepada Bupati Banyumas untuk diteruskan kepada masyarakat.

Bupati Achmad Husein dalam sambutannya mengatakan, semangat idhul qurban agar dijadikan inspirasi dan dorongan untuk intropeksi, mawas diri dan koreksi sejauh mana diri kita mampu berkorban untuk sesama dan berkorban untuk daerah kita.

Menurutnya melalui Idul adha juga diharapakan akan menimbulkan semangat berkorban membagi atau memberi untuk orang lain " di hari-hari biasa sekarang kita jarang menemukan semangat berkorban dan memberi tetapi pada idul qurban banyak yang tergugah karena untuk berkurban, ini momen yang sangat baik untuk umat muslim" jelasnya

Hikmah Idul Adha juga mengajak kita untuk selalu ingat kepada Alloh melalui membaca tahmid, takbir dan tahlil sehingga akan menimbulkan hati yang bersih, memiliki rasa sukur dan keimanan serta iklas atas apa yang telah diberikan oleh Alloh kepada kita.

Dalam kesempatan tersebut Husein juga mengajak masyarakat untuk peduli terhadap ibu hamil yang ada disekitarnya karena di Banyumas angka kematian ibu hamil melahirkan masih tinggi " saya mohon jika disekitar kita ada ibu hamil terutama yang berisiko tinggi berilah pertolongan karana di Banyumas angka kematian ibu hamil masih tinggi terutama dari pendarahan" imbuhnya

Husein juga mengingatkan agar masyarakat untuk menjaga anak-anaknya dari pengaruh dari kemajuan teknologi informasi dan narkoba " saya pesan jaga, awasi dan bimbing anak-anak kita dari kemajuan teknologi baik melalui HP maupun lainnya terutama usia 12-18 tahun karena berdasarkan data kasus anak nikah dibawah umur tahun ini 300 karena melihat sesuatu yang belum saatnya dan di Lembaga Pemasyarakatan(LP) penghuninya paling banyak dari kasus narkoba dan pelecehan seksual" imbuhnya.

Sementara Khitib KH KhaririSofa dalam khotbahnya menyhampaikan tenatang hikmah idul qorban yang menginspirasi dari kisah NabiI ibrahim dan Ismail yaitu adanya ketaatan dan kepatuhan, demokratis karena menyangkut pihak lain yaitu Nabi Ismail, jiwa pengorbanan Nabi Ismail, dan kepatuhan dan ketabahan seorang ibu untuk lebih mencintai Alloh SWT.

Juga disampaikan tentang dalil-dalil serta hadis dalam menentukan jatuhnya 1 sawal dan idul adha yang tidak perlu diperdebatkan akan tetapi diambil hikmahnya yaitu saling menghormati karena perbedaan adalah rahmat.

Usai sholat idul adha diserahkan secara simbolis hewan qurban Bupati Banyumas kepada Ta'mir Masjid An Nur Desa Pasir Lor Kecamatan Karanglewas dan Hewan Qurban dari Al Irsyad kepada Bupati Banyumas untuk diteruskan kepada masyarakat.


Jumat, 25 September 2015