Sokaraja Gelar Festival Takbir dan Bedug

Kabupaten Banyumas

Kamis, 24 September 2015

Sokaraja Gelar Festival Takbir dan Bedug

Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas menggelar Festival Takbir dan Bedug ke 3 tahun 2015 di halaman pasar Sokaraja, Kamis malam (24/9) kemarin, Festival diikuti oleh 36 peserta dibuka oleh Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein dihadiri oleh Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Banyumas, Pimpinan Dinas/Instansi dan Muspuika Sokaraja.

Camat Sokaraja M. Najib,S.Sos, M.Si selaku penyelenggara menyampaikan maksud digelarnya festival adalah sebagai ajang siar dan promosi potensi masyarakat
Sokaraja dan para pengusaha dengan harapan kedepannya bisa berkiprah ditingkat regional maupun nasional.

sedangkan tujuannya adalah untuk menjalin ukuwah islamiah, melestarikan seni dan budaya islam, mempromosikan dan mewujudkan Sokaraja sentra batik , wisata kuliner dan kota santri serta untuk merayakan Hari Raya Idul Adha 1436 H tahun 2015.

Dijelaskan peserta  festival terdiri dari remaja masjid, ta'mir masjid dari masing-masing desa,  sekolah SMP dan SMA dan pengusaha di wilayah Kecamatan Sokaraja, untuk desa minimal 2 grup setiap grup terdiri dari 10 orang.

" Masing-masing akan diambil juara 1,2 dan 3 serta harapan 1,2 dan 3 dan para juara akan mendapatkan kambing, saat ini sudah terkumpul 11 kambing dari para donatur" imbuhnya

Dijelaskan festival menghabiskan dana sebesar Rp. 22.750.0000,- yang berasal dari para donatur di wilayah Sokaraja, sponsor dan sumbangan panitia  sedangkan kreteria penilaian adalah keserasihan, kelengkapan alat, harmonisasi musik, stamina dan keindahan stand

"Peserta akan menabuh bedug selama 3 jam tanpa henti dengan alunan takbir sehingga dibutuhkan stamina yang kuat dan ini merupakan salah satu kriteria penilian" tambahnya.

Bupati Achmad Husein dalam sambutannya mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi diselenggarakannya festival bedug dan takbir yang sangat meriah disamping untuk merayakan idul adha, melestarikan bedug juga sebagai media untuk silaturahmi antar warga.

"walaupun festival ini tingkat Kecamatan tetapi meriahnya sudah seperti tingkat Kabupaten sehingga saya sangat mengapresiasi untuk diteruskan" jelasnya

Husein berharap  agar festival  menjadi agenda tahunan untuk  merangsang masyarakat meningkatkan kualitasnya dalam membunyikan bedug" ini adalah kebudayaan kita, budaya islam, harus terus diuri-uri sehingga akan terus lestari salah satu caranya dengan menjadikan kegiatan tahunan karena dengan cara seperti kreativitas akan semaikn meningkat " imbuhnya.

Husein juga berharap melalui festivaal Bedug dan Takbir dimana didalamnya mengumandangkan asma Alloh akan menjadikan Banyumas semain tentrem "Semoga dengan kita mengumandangkan takbir tahmid dan tahlil Alloh SWT akan menjadikan Kabupaten Banyumas tambah tentrem, tambah maju masyarakatnya tambah sejahtera" harapnya.  


Senin, 28 September 2015