Festival Serayu Banyumas Siap Digelar

Kabupaten Banyumas

 

Festival Serayu Banyumas Siap Digelar

 

BANYUMAS-Festival Perahu Pasir atau yang disebut juga Festival Serayu 2015 bakal digelar lagi oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, Minggu (25/10). Festival ini dikemas untuk mempromosikan wisata Sungai Serayu di kawasan Sentra Budaya Kota Lama serta desa wisata Batik Papringmas.

Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Banyumas, Deskart Sotyo Jatmiko mengatakan, berbeda dengan tahun 2014 lalu, festival yang sempat berubah nama ini menjadi Festival Bambu Serayu ini dikembalikan ke tempat asalnya yakni aktivitas di Sungai Serayu. Pasalnya, even tersebut mendapat banyak kiritikan dari para penikmatnya. 

"Festival Bambu Serayu 2014 kami ubah karena mendapat kritikan sebab ajang yang menggunakan konsep karnaval di darat sudah terlalu banyak. Jadi, ajang ini dikembalikan lagi sebagai even pariwisata di sungai," ujarnya, kemarin.

Dia mengatakan, konsep penyelenggaraan serupa dengan even yang digelar pada tahun 2013. Festival tersebut menyuguhkan adu ketangkasan lomba perahu pengangkut pasir dan karnaval perahu hias.

Lokasi penyelenggaraan, sambung Deskart, mengalami perubahan. Lomba yang biasanya digelar di area Bendung Gerak Serayu dipindahkan ke Sentra Budaya Kota Lama Banyumas. Rute karnaval dimulai pukul 10.00, peserta menyusuri Sungai Serayu dari dermaga Desa Kedunguter, Kecamatan Banyumas menuju ke dermaga Desa Sokawera, Kecamatan Patikraja. Peserta juga bakal mampir ke galeri batik di Desa Papringan.

Sedangkan untuk lomba balap perahu pasir, digelar di sekitar Depo Tambang Pasir Desa Sokawera, Kecamatan Patikraja. Sekitar 1 kilometer dari garis finish Karnaval Perahu Hias.

"Hal ini bertujuan untuk memberi dukungan even dan keramaian pada Sentra Budaya Kota Lama Banyumas. Kami juga ingin mengangkat potensi sentra batik di Desa Papringan," jelasnya.

Dia mengatakan, sebelum gelaran festival dimulai, masyarakat setempat ikut serta pada tradisi mimiti dan bersih sungai yang digelar Sabtu (24/10).

Dia mengatakan, perahu peserta dalam lomba perahu hias akan dihiasi berbagai macam ornamen, antara lain anyaman daun kelapa, umbul-umbul, dan bendera. Tim peserta akan melakukan pawai mengarungi Sungai Serayu dari garis start di Desa Kedunguter menuju ke Desa Sokawera, Kecamatan Patikraja. 

"Rencananya peserta lomba yang diikuti SKPD dan pengusaha yang akan berpartisipasi dalam perahu hias akan diberangkatkan tepat jam 09.00 dengan menempuh waktu selama 1,5 jam sampai 2 jam. Dalam waktu yang bersamaan, lomba perahu pasir yang diikuti tim dari para penambang pasir digelar di Sokawera," jelasnya. 

Sementara itu, salah satu penambang pasir, Wartam mengatakan, even tersebut akan menambah kemeriahan dunia pariwisata di Sentra Budaya Kota Lama Banyumas. Dia berharap kegiatan akan lebih meriah dibanding tahun 2013 lalu. 

"Festival Serayu 2015 ini merupakan salah satu agenda wisata yang sangat ditunggu masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat memunculkan keinginan masyarakat terutama para penambang untuk menggarap sektor pariwisata," ujarnya. (-)

 


Jumat, 23 Oktober 2015