Penampilan Seni dan Budaya Ramaikan Festival Serayu

Kabupaten Banyumas

 

Penampilan Seni dan Budaya Ramaikan Festival Serayu

 

BANYUMAS  –  Bupati Banyumas Ir Achmad Husein melepas Karnaval Perahu, Minggu (25/10) dalam rangkaian Festival Serayu 2015 di tepi Sungai Serayu Desa Kedunguter Kompleks Kota Lama Banyumas. Turut hadir pada kegiatan ini Bupati, Wakil Bupati, Kapolres dan perwakilan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Banyumas.

Tari Lengger Banyumasan, mengawali prosesi festival serayu, sementara perserta festival yang berasal dari SKPD, BUMD, Perusahaan Swasta serta dari masyarakat membunyikan musik calung, kentongan juga rekaman suara dari dalam perahu meramaikan sepanjang tepian sungai serayu dari Kedungunter Kecamatan Banyumas sampai Desa Sokawera Kecamatan Patikraja.

Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein mengajak kepada seluruh warga masyarakat agar menjadikan festival serayu ini, menjadi ajang kreasi sekaligus rintisan dan mewujudkan Sugai Serayu menjadi destinasi wisata. “Banyak yang dapat kita dapat dari festival ini, selain pengembangan wisata, penampilan seni budaya masyarakat di bantaran sungai serayu, yang lebih penting adalah rasa syukur kepada Allah karena banyak sungai yang sudah mengering, sementara di Serayu ini air masih berlimpah” tambah Bupati.

Untuk itu Bupati mengajak kepada masyarakat agar menggunakan sungai serayu sebagai sumber penghidupan. “Mari kita jaga bersama agar keberlangsungan sungai serayu tetap bersih untuk sumber kehidupan, dan masyarakat tidak membuang sampah disungai” ajak Bupati. Ajakan Bupati mendapat tanggapan kesiapan masyarakat, tidak membuang sampah di sungai. 

Selanjutnya Bupati, Wakil Bupati, Kapolres, Setda dan perwakilan Forkompinda ikut naik perahu dan turun di Desa Papringan  untuk menyaksikan para peserta yang melintas. Usai kegiatan Bupati menyaksikan geliat usaha batik warga di desa Papringan Kecamatan Banyumas. Pada kesempatan ini juga dilaksanakan tebar benih ikan di sungai serayu yang dilakukan oleh Bupati, undangan lain peserta dan masyarakat.

Perahu hias menyusuri aliran sungai serayu sepanjang kurang lebih 2 Kilometer menuju titik finish di Desa Sokawera Kecamatan Patikraja. Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Muntorichin, SH mengatakan peserta karnaval perahu hias sebanyak 32. “Mereka berasal dari SKPD, BUMN dan BUMD, RSUD Banyumas, RSUD Ajibarang, PDAM Banyumas, PHRI Banyumas, SMA Patikraja serta perusahaan swasta dan masyarakat” katanya.

Masyarakat disepanjang route menyambut dengan antusias, bahkan di beberapa titik menampilkan Calung Banyumasan turut meramaikan suasana festival. Selain itu lomba perahu pasir oleh para penambang ikut meramaikan festival seryau tahun 2015 ini.

 

Parsito


Rabu, 28 Oktober 2015