Mars dan IM Juara Duta Taruna Cup I

Kabupaten Banyumas

Mars dan IM Juara Duta Taruna Cup I

 

Sekolah Sepak Bola (SSB) Duta Taruna bersama Karang Taruna Desa Pamijen Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas, menggelar turnamen festival sepak bola usia 10 dan 12 tahun, Sabtu-Minggu (14-15/11) di lapangan Duta Remaja desa setempat. Mars Muda menjadi Juara untuk U 10 sedangkan U 12 direbut oleh Indonesia Muda.

Ketua Panitia Sugito mengatakan 13 Tim ikut berpartisipasi pada kegiatan ini, tim dari Purwokerto antara lain Mars Muda, Indonesia Muda, Mutiara, Exelent, Sempati dan Ar Irsyad dari luar Purwokerto Duta Taruna Baturraden sebagai tuan rumah, Kotayasa Sumbang, Satria Muda Ajibarang dan Windu Aji dari Bumiayu.

Sugito menambahkan kegiatan turnamen festival sepak bola anak u10 dan 12 ini diadakan untuk menggali potensi dan bakat anak-anak diusia dini. “Kegiatan ini kami diberi nama Turnamen Festival Sepak Bola Usia 10 dan 12 Duta Taruna Cup I, selain untuk menggali bakat, kegiatan ini juga untuk mengajarkan anak-anak untuk selalu berjiwa basar dalam menerima kekalahan dan memberikan motivasi dan kesempatan bagi SSB untuk bertanding dalam event turnamen” kata Sugito.

Sementara itu Supriyadi Pelatih Duta Taruna Pamijen Baturraden, sekaligus sebagai penggagas kegiatan mengaku prihatin dengan kurangnya event turnamen sepak bola usia dini. “Dengan adanya turnamen semacam ini, tentu evaluasi latihan dapat terus dilakukan, dan anak-anak juga merasa bosan hanya berlatih tanpa adanya pertandingan” kata Yadi.

Untuk itulah dirinya rela memberikan sebagian hadiah. “Ide kegiatan ini sangat mendadak, semula hanya kami rancang untuk pertandingan persahabatan, namun setalah kami undang temen-temen pelatih, mereka berharap adanya turnamen, maka jadilah kegiatan ini” katanya.

“Tujuan dari turnamen ini adalah, untuk menjaring bibit pemain muda. Pasalnya, sejauh ini turnamen atau kompetisi sepakbola usia dini masih kurang di Indonesia,” tuturnya.

Pertandingan dilaksanakan dua hari, agar tim bermain tidak hanya sekali, hari pertama peserta dibagi menjadi 4 group untuk babak penyisihan. Kemudian hari kedua sudah memasuki babak final dengan system gugur.

Kelompok Umur 10 tahun Mars Muda menjadi jawara setelah mengalahkan Indonesia Muda 1-0 pada babak final, sebelumnya mengalahkan tuan rumah Duta Taruna 3-0 dan dengan Al Irsyad menang adu finalti. Dan Al Irsyad meraih Juara III setelah adu finalti perebutan juara III-IV melawan IM Tim b.

Untuk kelompok umur 12 tahun Indonesia Muda memastikan menjadi kampiun setelah menang adu finalti atas Mars Muda, pada babak normal 2 kali 15 menit skor masih 0-0. Sedangkan Juara III diraih oleh Satria Muda Ajibarang setelah menang adu finalti dengan Tim Indonesia Muda a. Satria muda juga menempatkan strikernya memperoleh pencetak gol terbanyak.

Hasil lengkap turnamen festival sepak bola usia 10 dan 12 tahun Duta Taruna Cup I Tahun 2015, U 10 Juara 1 Mars Muda, Juara 2 Indonesia Muda, Juara 3 Al Irsyad dan Juara 4 Indonesia Muda b. Usia 12 tahun Juara 1 Indonesia Muda b, Juara 2 Mars Muda, Juara 3 Satria Muda dan Juara 4 Indonesia Muda a.

 

Parsito 081548867932


Selasa, 17 November 2015