Hari ini Piala Adipura Di Kirab Di Wilayah Kecamatan Purwokerto Timur

Kabupaten Banyumas

 

Hari ini Piala Adipura Di Kirab Di Wilayah Kecamatan Purwokerto Timur

Piala adipura yang diterima oleh Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI beberpa waktu lalu sebagai penghargaan atas keberhasilannya dalam mewujudkan kota yang bersih, hari ini Senin (7/12) di kirab di Kecamatan di wilayah Purwokerto Timur.

Camat Purwokerto Timur Wahyu Agus Nur mengatakan, sesuai dengan hasil rapat yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu kirab di tingkat Kecamatan di Wiliayah eks Kotatip Purwokerto akan dimulai dari Kecamatan Purwokerto Timur dengan mengambil start dihalaman kantor Kecamatan dan akan menyusuri berbagai wilayah yang menjadi titik pantau penilaian Adipura

" Start dari halaman Kantor Kecamatan pukul 08.30 Wib  kemudian menyusuri jalan Prof. Dr. Suparno ke utara masuk ke perumahan Graha Safira Arcainangun, ke Bank Sampah di Kelurahan Arcawinangun, Jalan Balai Desa Arcawinangun, Jl Nyi Meleng Mersi, ke Lokasi Bank sampah Jl PKK Mersi, masuk jalan Adipati Mersi, Jl Jend Soedirman, Jalan Masjid, Jalan A. Yani, Jl Dr. angka, Jl Kesatrian, ke Bank sampah di Kelurahan Sokanegara,, Jalan Gatot Subroto, Jl Martadireja, Jl. dr. Suparno dan masuk ke halaman Kecamatan Purwokerto Timur" Jelasnya.

Wahyu juga menjelaskan kirab diikuti oleh berbagai unsur dari Pemerintah Kecamatan, Para Lurah dan TP PKK Kelurahan, lembaga di Tingkat Keluraha, Relawan Adipura di Kecamatan dan berbagai komponen masyarakat " kurang lebih ada 125 orang yang terlibat dalam kirab ini dan semuanya menggunakan mobil dengan urutan paling depan adalah mobil patwal polsek Purwokerto Timur, dibelakanggnya mobil publikasi Dinhubkominfo, dibelakangnya mobil hias yang membawa piala adipura oleh siswa, dibelakannya para lurah dan Lembaga kelurahan dan TP PKK Kelurahan, relawan Adipura dan berbagai komponen masyarakat lainnya" tambahnya

Terpisah Asekbang dan Kesra Setda Kabupaten Banyumas Ir. Didi Rudwianto  mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakan kirab di tingkat Kecamatan adalah sebagai ungkapan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berjuang sehingga adipura dapat dipertahankan.

"sesuai petunjuk pak Bupati, Piala adipura dikirab dimasing-masing kecamatan di eks kotatip Purwokerto sebagai wujud ucapan terima kasih atas perannya dalam mewujudkan Purwokerto yang bersih sehingga mampu mempertahankan adipura untuk yang kedua kalinya” jelasnya

Didi juga menjelaskan, setelah Kecamatan Purwokerto Timur akan dilanjutkan di Kecamatan Purwokerto Selatan, Purwokerto Barat dan Purwokerto Utara terakhir dikirab tingkat Kabupaten.

“Hari ini senin tanggal 7 Desember 2015 di Kecamatan Purwokerto Timur, Kemudian Kecamatan Purwokerto Selatan pada tanggal 8 Desember, Kecamatan Purwokerto Barat 9 Desember dan terakhir di Kecamatan Purwokerto utara tanggal 10 Desember 2015 setelah itu baru akan dikirab di tingkat Kabupaten.” Jelasnya.

Didi juga menambahkan untuk kirab tingkat Kabupaten direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2015  “ untuk kirab tingkat Kabupaten kalau tidak ada perubahan akan dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2015 dengan start di Pendopo Wakil Bupati Banyumas menyusuri jalan Jenderal Soedirman dan finsih di Pendopo Si Panji Kabupaten Banyumas” imbuhnya.

Terkait peserta kirab tingkat Kabupaten, Didi Menjelaskan, Kirab akan melibatkan para petugas Kebersihan, Tim Adipura Tingkat Kabuapten, PKK Kabupaten, dan para relawan kebersihan tingkat Kabupaten. “kirab akan direncanakan akan dilepas oleh Wakil Bupati Banyumas di halaman pendopo Wakil Bupati dengan Rangkaian paling depan  mobil patwal polisi, mobil publikasi dari Dishubkominfo, Pila Adipura diatas mobil hias yang dipegang oleh kakang mbekayu Banyumas 2015, Kenthongan, Pasukan kuning kebersihan, pasukan kebersihan yang membawa gerobag, kelompok PKK, Tim Adipura Kabupaten dan kendaraan yang mendukung teciptanya kebersihan kota Purwokerto” katanya

Didi juga menambahkan usai kirab adipura tingkat Kabupaten akan dilaksanakan sukuran dengan makan tumpeng bersama dengan Bupati, Wakil Bupati, DPRD dan para Kepala SKPD di Banyumas” setelah sampai di halaman pendopo pila Adipura akan diserahkan oleh Petugas Kebersihan teladan kepada bupati kemudian disemayamkan di Pendopo Si Panji dan setelah itu semua peserta kirab ditambah dengan pimpinan Forkompinda, Pimpinan dan anggota DPRD, Pimpinan Dinas/Lemtekda, Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan, Lurah se eks kotaip Purwokerto  akan melakukan tasakuran bersama di Pendopo Si Panji dengan makan tumpeng bersama” katanya pula.

Didi berharap dengan berbagai rangkaian penyambutan piala adipura di Banyumas akan memotivasi masyarakat untuk lebih giat dalam mewujudkan Purwokerto kota yang bersih sehingga kedepan Adipura dapat diraih kembali. (Yon)

 


Senin, 07 Desember 2015