Pemkab Lanjutkan Pembangunan Alun-alun Banyumas

Kabupaten Banyumas

 

Pemkab Lanjutkan Pembangunan Alun-alun Banyumas

 

HUMAS PEMKAB BANYUMAS : Pemerintah Kabupaten Banyumas akan melanjutkan pembangunan Alun-alun Banyumas pada tahun 2016 ini. Pembangunan tahun pertama telah selasai akhir tahun 2015 lalu.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas Agus Nur Hadie usai apel pagi Jum’at (15/1), mengatakan bahwa Pemkab melalui Dinas Cipta Karya, Kebersihan dan Tata Ruang (DCKKTR) pada tahun 2016 ini mengajukan rencana pembangunan Alun-alun Banyumas. “Untuk tahun kedua ini, akan menyelesaikan pembangunan sesuai yang Masterplan” katanya.

Agus menambahkan pembangunan tersebut antara lain untuk melengkapi sarana dan prasarana yang belum tersedia. Antara lain, penyediaan rumput, pohon peneduh, lampu penerangan, kursi dan penyelesaian pembangunan panggung serbaguna.

“Pada tahun pertama belum seluruh fasilitas tersedia, akan dilengkapi tahun ini. Untuk jenis rumput yang akan dipakai, nantinya akan menggunakan rumput biasa seperti di lapangan sepak bola, karena nantinya alun-alun juga bisa digunakan untuk bermain bola,” jelas dia.

Menurutnya kelanjutan pembangunan nanti diperkirakan baru bisa dilaksanakan pertengahan tahun ini. Asumsinya proses tahapan lelang memakan waktu cukup lama, sehingga pembangunan paling cepat baru akan dilaksanakan sekitar bulan April mendatang.

 Steril dari PKL

Camat Banyumas Ari Yusminto, mengatakan untuk keindahan dan kenyamanan pengunjung pihaknya merencanakan dalam waktu dekat, area Alun-alun Banyumas disterilkan dari Pedagang Kaki Lima (PKL). Seluruh PKL yang biasa berjualan di situ akan ditempatkan di sisi utara alun-alun.

Dia mengatakan pemkab telah menyiapkan lokasi yang akan digunakan untuk PKL di sisi utara alun-alun. Nantinya PKL akan berjualan di situ dengan menggunakan gerobak dan mendirikan tenda non permanen.

Menurutnya terdapat sekitar 60 sampi 70 PKL yang terdaftar.”Namun, dari jumlah itu, tidak lebih dari 50 PKL yang aktif berjualan dan sebagian besar dari mereka berjualan pada siang hari” tambahnya.

 

 


Senin, 18 Januari 2016