TIM PENGGERAK PKK KECAMATAN SUMBANG ADAKAN PEMERIKSAAN KANKER SERVIK GRATIS

Kabupaten Banyumas

TIM PENGGERAK PKK KECAMATAN SUMBANG ADAKAN PEMERIKSAAN KANKER SERVIK GRATIS

 

BANYUMAS : Tim Penggerak PKK Kecamatan Sumbang bekerjasama dengan Rotary Club Of Purwokerto, meyelenggarakan aksi social berupa pemeriksaan kanker servik gratis, Minggu (17/1) di Aula Kantor Kecamatan Sumbang.  Kegiatan tersebut berlangsung mulai pukul 08.00-12.15 WIB.

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sumbang Evi Rusmiyati M mengatakan, target dalam pemeriksaan ini adalah para ibu dengan tujuan untuk antisipasi adanya penyakit kanker servik yang menyerang organ reproduksi wanita. “Kegiatan pemeriksaan ini diikuti oleh ibu-ibu dari 19 desa dengan total peserta 179 orang, 29 di antaranya dinyatakan positif” katanya

Evi melanjutkan pemeriksaan ini juga langsung menhadirkan pakarnya yaitu oleh dr. Toni Moerdijat, SPOG. Selain memberi penyuluhan dokter yang ahli di bidang kandungan, itu juga menangani pasien yang dinyatakan positif.

Dalam penyuluhannya, dr. Toni menjelaskan mengenai penyebab terjadinya kanker servik, di antaranya diakibatkan usia pernikahan yang terlalu dini  di mana organ reproduksi wanita yang belum cukup matang. “Terlalu sering melahirkan juga dapat mengakibatkan kanker servik” katanya

dr. Toni juga menganjurkan kepada ibu-ibu supaya mengikuti KB yang dianjurkan, tanpa menggunakan obat-obatan/hormonal. “akan lebih baik bila menggunakan IUD (Intra Uterine Device) atau alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) dan Medis Operasi Wanita (MOW)” jelasnya.

Penyebab lain adalah kebiasaan merokok yang dilakukan ibu-ibu, serta usia melahirkan yang tertalu tua (di atas 30 tahun).

“Pemeriksaan Kanker Servik dengan metode IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat), sangat dianjurkan bagi ibu-ibu yang berusia 30-50 tahun. Bagi ibu-ibu yang hasil pemeriksaannya positif, tidak perlu khawatir, karena akan ditangani hari ini juga”, lanjutnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Banyumas, yakni Hy. Hj. Erna Achmad Husen, dan Ny. Linawati Budhi Setiawan serta dihadiri pula oleh Ketua Pokja IV TP PKK Kabupaten Banyumas, yakni Ny. Rahayu Sugiri.

Lailatul Khoiroh : Mahasiswa IAIN Purwokerto


Selasa, 19 Januari 2016