BATURRADEN DIKUNJUNGI 12.937 WISATAWAN

Kabupaten Banyumas

BATURRADEN DIKUNJUNGI 12.937 WISATAWAN

 

BANYUMAS – Liburan Tahun Baru Imlek 2567 yang berurutan dengan hari sabtu-minggu, turut mendongkrak kunjungan ke Lokawisata Baturraden. Selama tiga hari tercatat sebanyak pengunjung 12.937 orang. “Puncak kunjungan libur Imlek tertinggi hari Sabtu (7/2), 7.353 orang.

Hari ini menurun, mungkin karena hujan lebat mengguyur sejak tadi siang,” ujar Kepala UPT Lokawisata Baturraden, Djoko Haryanto, Senin (8/2) kemarin.

Menurut Djoko, wisatawan yang berkunjung ke Lokawisata Baturraden sebagian besar berasal dari luar daerah, seperti Bandung, Jakarta, dan sejumlah daerah di wilayah Pantai Utara Jawa.

Djoko menjelaskan tren kunjungan Lokawisata Baturraden sejak tahun 2015 terus meningkat. Hal itu disebabkan oleh pemberlakuan tiket masuk untuk semua wahana yang relatif lebih murah. Di Luar Prediksi Wahana di Lokawisata Baturraden yang ramai dikunjungi adalah kolam renang dan papan luncur.

Kebanyakan pengunjung datang berkelompok dalam rombongan ataupun keluarga. “Akhir tahun 2015 juga di luar prediksi. Wisatawan yang berkunjung hampir dua kali lipat,” jelasnya.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Banyumas, Deskart Sotyo Jatmiko, mengatakan, Lokawisata Baturraden ditarget memperoleh 444.000 pengunjung tahun ini. Dia berharap tren peningkatan wisatawan ini menjadi angin segar.

“Khusus untuk lokawisata akan kami tingkatkan pelayanan dan fasilitasnya. Bukan tidak mungkin kami juga bakal menambah wahana,” ujarnya.

Menurut dia, jumlah kunjungan wisatawan di Lokawisata Baturraden selama Januari 2016 sudah mencapai 71.000 orang. Dia mengaku optimistis target kunjungan wisatawan selama tahun 2016 dapat tercapai.


Rabu, 10 Pebruari 2016