Baris Berbaris Tanamkan Kedisiplinan Generasi Muda

Kabupaten Banyumas

 

Baris Berbaris Tanamkan Kedisiplinan Generasi Muda

 

PURWOKERTO : Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, menggelar lomba tata upacara dan lomba baris berbaris di Komlek GOR Satria Purwokerto. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Dinporabudpar Drs. Condro Kalpiko, Rabu (2/3/2016) di Gedung Fulsal GOR Satria Purwokerto.

Condro berharap dengan dilaksanakannya lomba lomba Tata Upacara Bendera (TUB) dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) tingkat SLTA (SMA dan SMK) se Kabupaten Banyumas para siswa jangan hanya mencari menang akan tetapi kegiatan tersebut dapat dijadikan sebagai tempat untuk menanamkan disiplin. “Saya mengharapkan kepada para siswa khususnya peserta lomba untuk benar benar mengikuti kegiatan dengan baik untuk bekal kedepan, jadikan lomba ini cambuk untuk menanamkan kedisiplinan dan mentaanti aturan yang ada untuk diaplikasikan dalam kehidupan dilingkungannya masing-masing” katanya.

Kabid Kepemudaan Dinporabudpar, Dra Ide Nyoman Gde Rochsari mengatakan peserta untuk tahun ini dibatasi hanya 10 sekolah. “Kegiatan akan dilaksanakan selama 2 hari mulai hari ini Rabu (2/3/2016) sampai dengan Kamis (3/3/2016) besok, masing-masing lima sekolah yang berlomba setiap harinya” jelasnya

Materi menjelaskan bahwa materi lomba yaitu TUB terdiri dari Unsur pengaturan upacara, Unsur pembina upacara dan pembawa teks pancasila, Unsur pembawa upacara, Unsur pimpinan upacara, Unsur pembaca teks UUD 45, Unsur kelompok paduan suara, Unsur pengibar bendera dan Unsur pembaca doa. “Masing-masing tim terdiri dari 21 orang termasuk, Pembina dan official, untuk siswa hanya 19 orang setiap sekolahnya” katanya

Sedangkan untuk Peraturan Baris Berbaris (PBB) terdiri dari Unsur gerakan di tempat, Unsur gerakan berhenti ke jalan, Unsur berjalan ke berjalan, Unsur gerakan berjalan ke berhenti, Unsur danton, Unsur parade dan defile. “Kami mengambil Juri dari berbagai unsur militer dan sipil” tambahnya.

Sari menambahkan nantinya pemenang akan diambil terbaik 1-6 masing-masing akan menerima Tropy, piagam penghargaan dan uang pembinaan. Untuk tahun sebelumnya yang menjadi Juara I SMA N 1 Purwokerto. “Hari ini yang berlomba yaitu SMA N 2 Purwokerto, SMK SPM Purwokerto, SMA N 4, SMA N Sokaraja dan SMA N Banyumas, sedangkan besok (Kamis, C) akan berlomba SMA N 1 Purwokerto, SMA N 5, SMA Al Irsyad, SMA N Ajibarang dan SMA N Purwokerto” tambahnya.

 


Kamis, 03 Maret 2016