Saka Kalpataru Menanam Pohon di Bantaran Sungai Serayu

Kabupaten Banyumas

Saka Kalpataru Menanam Pohon di Bantaran Sungai Serayu

 

BANYUMAS : Saka Kalpataru Kwarcab Banyumas bersama Komunitas Wong Apa, Komunitas Serayu Travelling, Saka Wanabakti Banyumas, Komunitas Fourteen Adventure, serta Warga Desa Pegalongan mengadakan penanaman pohon konservasi di Sempadan Sungai Serayu dan penanaman pohon di lahan masyarakat Desa Pegalongan Minggu (6/3/2016).

Pamong Saka Kalpataru Subarkah Setyonagoro mengatakan bahwa sampai saat ini batasan sempadan sungai, belum banyak dipahami atas kewajiban dan tanggung jawab sebagai masyarakat yang berdomisili langsung dengan sungai. “Melalui kegiatan ini ada sedikit wawasan kepada masyarakat dan para pecinta lingkungan khususnya Saka Kalpataru arti sempadan sungai yang harus kita jaga bersama” jelasnya

Barkah melanjutkan sebagai bagian dari masyarakat yang tergabung dalam komunitas WONG APA, bersama melakukan penanaman beberapa jenis tanaman di pinggir sungai Serayu dengan tanaman Pule, Pucung/Kluwek dan Salam.

“Kegiatan seperti ini sangat penting untuk pendidikan anggota Pramuka Saka Kalpataru dan generasi muda untuk terus mencintai lingkungan, baik konservasi lahan atau pengendalian dampak dari sampah serta pemanfaatannya” tambahnya

Untuk hal itulah kelak pembelajaran nyata secara berkesinambungan diperlukan kolaborasi terus menerus sampai dengan terasa manfaatnya bagi peserta ataupun masyarakat.

Salah satu anggota Saka Kalpataru merasa sebagai bagian dari masyakarat, dirinya belum banyak berbuat, belum mengerti arti sebuah kegiatan yang benar-benar mempunyai nilai positif. “Inilah yang kami rasa akan memberi nilai bagi masyarakat maupun lingkungan kedepan, kami berusaha dan mencoba serta akan membuktikan dahulu berupa kegiatan menanam seperti ini” katanya.

“Kalaupun banyak kekurangan itu semua proses pembelajaran bersama yang harus saling mengingatkan, saling memberi masukan, saling menutupi segala kekurangan dengan niat bersama untuk bumi pertiwi yang makin lestari untuk kita” tambahnya.

 

 


Kamis, 10 Maret 2016