Dharma Wanita SDABM Juara Memasak Ikan

Kabupaten Banyumas

 

Dharma Wanita SDABM Juara Memasak Ikan

 

Purwokerto – Dinas Perternakan dan Perikanan Kabupaten Banyumas berkerja sama dengan Tim Penggerak PKK menggelar lomba memasak berbahan baku ikan, Selasa (22/3) di Pendopo Sipanji Purwokerto. Acara dibuka oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein diikuti oleh Perwakilan Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Dharma Wanita SKPD se Kabupaten Banyumas.

Bupati menilai lomba masak ikan sangat penting untuk mendorong kreativitas ibu-ibu dalam diversifikasi dan variasi produk atau pangan olahan berbahan baku ikan yang enak, sehat, menarik dan tidak membosankan. “Sehingga mampu menumbuhkan budaya makan ikan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat, dan menjadikan ikan sebagai sumber protein utama menu makanan sehari-hari” katanya.

Bupati melanjutkan salah satu program untuk membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan adalah gemarikan yaitu gerakan memasyarakatkan makan ikan dimana salah satu implementasinya adalah lomba masak ikan, seperti yang akan kita laksanakan hari ini.

“Saya berharap pelaksanaan lomba masak serba ikan ini akan menjadi  langkah awal dalam memacu ketersediaan dan keanekaragaman pangan asal ikan, serta mendorong berkembangnya jasa pelayanan pangan asal ikan sebagai usaha ekonomi yang efisien, menerapkan kaidah mutu gizi dan keamanan pangan, sekaligus merupakan kampanye untuk membangkitkan kesadaran masyarakat akan pola makan yang sehat dan aman serta pola pengelolaan produk olahan perikanan yang efisien dan bertanggungjawab” harapnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ir Widarso mengatakan lomba masak berbahan baku ikan air tawar dengan tujuan untuk mendorong terciptanya aneka menu berbahan baku ikan, sehingga masyarakat akan semakin gemar makan ikan.

Widarso menjelaskan agar tidak terjadi jor-joran dalam memasak penyelenggara membatasi biaya bahan dasar ikan. “Tiga makanan yaitu lauk, kudapan dan makanan balita berbahan baku ikan air tawar dengan biaya tidak lebih dari Rp 60 ribu” katanya.

 Widarso juga menjelaskan untuk Juri pihaknya mengundang para professional dari SMK N 3 Purwokerto, SMK Mardikenya, PHRI, Dinas Kesehatan dan PKK Kabupaten Banyumas.

Setelah melalui penilaian akhirnya perwakilan Dharma Wanita, Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (SDABM) meraih nilai tertinggi dan berhak menjadi Juara Pertama. Juara II diraih oleh PKK Kecamatan Baturraden Juara III Dharma Wanita Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Patiwisata.

Untuk Juara Harapan masing-masing PKK Kecamatan Purwokerto Timur, PKK Kecamatan Kembaran dan Dharma Wanita Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi. 

 


Rabu, 23 Maret 2016