Festival Serayu 2016, Bakal Lebih Meriah

Kabupaten Banyumas

 

Festival Serayu 2016, Bakal Lebih Meriah

 

BANYUMAS – Festival Serayu Banyumas Tahun 2016, diprediksi bakal lebih meriah, karena bebarengan dengan peringatan hari air dunia Tingkat Jawa Tengah. Even yang digelar Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, pada 21-22 Mei mendatang, mempromosikan wisata air Sungai Serayu dari Desa Sokawera hingga Bendung Gerak Serayu.

 

Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Banyumas, Deskart Sotyo Jatmiko mengatakan, festival yang mempromosikan keeksotisan wisata Kali Serayu tahun ini akan dihadiri Gubernur dan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

 

”Bapak Gubernur diharapkan hadir pada even ini, dan dari Kementerian Pekerjaan Umum juga ikut ambil bagian. Jadi, tahun ini dibarengkan dengan peringatan Hari Air Sedunia yang diperingati setiap 22 Maret,” terangnya saat memimpin rapat persiapan.

 

Jatmiko mengatakan, konsep penyelenggaraan serupa dengan even yang digelar pada tahun lalu. Festival tersebut menyuguhkan adu ketangkasan lomba perahu pengangkut pasir dan karnaval perahu hias.

 

“Yang menjadi pembeda pelaksanaan kegiatan dilaksanakan selama dua hari, hari pertama Sabtu (21/5/2016) balapan perahu pasir Start Finish di Bendung Gerak Serayu, dan hari kedua Karnaval Perahu Hias Minggu (22/5/2016) start dari Desa Sokawera finish di Bendung Gerak Serayu” jelasnya.

 

Jatmiko berharap kelompok penambang pasir di seluruh Banyumas bisa mengikuti balapan perahu pasir. “Pendaftaran untuk balapan perahu, kami buka tanggal 16-18 Mei dan Jum’at (20/5/2016) akan diadakan technincal meeting” terangnya.

 

Untuk pesyaratan peserta balapan perahu, satu tim terdiri 11 orang 1 oficial dan 10 peserta dan harus ber KTP Banyumas. “Pendaftaran dilaksanakan di Bidang Pariwisata Jl Suharso pada jam kerja tanggal tersebut diatas,” katanya.

 

Sedangkan untuk pendaftaran karnaval perahu hias lebih lama, mulai tanggl 9-18 Mei. Jatmiko berharap kepada Kepala SKPD, Pimpinan BUMN dan BUMD dan perusahaan swasta ikut berpartisipasi pada karnaval ini.

 

Apabila kesulitan perahu, para penambang siap menyewakan perahunya dengan harga 400 ribu, perahu wajib dihias sesuai kreatifitas yang mencerminkan adat seni dan budaya banyumasan. “Mulai dari Start sampai ke finish peserta juga diwajikan menampilkan atraksi seni budaya diatas perahu,” tambahnya.


Jatmiko berharap karena Festival Serayu Banyumas 2016 ini merupakan salah satu agenda wisata yang sangat ditunggu masyarakat, dan dapat menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan di sekitar Sungai Serayu, pihaknya meminta bantuan kepada semua pihak untuk mempublikasikan.

 

 


Sabtu, 30 April 2016