Wabup Pantau UN SMP Hari Pertama

Kabupaten Banyumas

Wabup Pantau UN SMP Hari Pertama

 

PURWOKERTO - Wakil Bupati Banyumas dr. Budhi Setiwan didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Drs. Purwadi Santoso, Kepala Kantor Kementrian Agama Drs. Bambang Sucipto dan sejumlah pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan melakukan pemantauan UN SMP hari pertama di SMP N 2 Purwokerto, Mts N Purwokerto, dan SMP N 1 Purwokerto, senin (9/5). Wabup datang langsung melihat kesiapan panitia, saran dan prasarana pendukung dan melakukan peninjauan ke tiap ruangan yang sedang berlangusung pelaksanaan Ujian.

Pada kunjungannya di SMP N 2 Purwokerto yang melaksanan UN berbasis Komputer (UNBK) dari 258 siswa yang mengikuti UN terdiri dari siswa laki-laki 123 dan Perempuan 135, siswa yang mengikuti sesi pertama hadir secara keseluruhan, demikian juga pada pemantauan di MTs N Purwokerto yang melaksanakan UN PBT 303 siaswa peserta UN terdiri 142 laki-laki dan 161 perempuan menempati 16 ruangan hadir secara keseluruhan,.

Berbeda pada pemantauan di SMP N 1 Purwokerto yang juga melaksanakan UNBK kehadiran wabub yang sudah memasuki waktu jeda antara sesi pertama dan kedua diberikan kesempatan untuk memberikan motivasi kepada siswa UN sesi kedua yang sudah berkumpul di aula dan pada kesempatan tersebut wabub memotivasi siswa agar tidak tegang dan percaya diri.

"UN ini adalah merupakan evaluasi selama belajar di SMP dan Saya yakin sudah belajar maksimal dan berdoa, jadi jangan cemas dalam mengerjakan soal dan jangan terlalu emosi dalam menemukan soal yang sulit berdoalah minta petunjuk keapada tuhan " pintanya.

Wabub juga berpesan agar anak-anak tidak mengecewakan orang tua serta dapat masuk SMA sesuai dengan yang dicita-citakan " Belajarlah terus agar tidak mengecewakan orang tua dan dapat masuk ke SMA sesuai dengan cita-citanya, Semua akan melanjutkan ke SMA kan? dan dijawab oleh siswa dengan suara serentak melanjutkan." tanyanya
Peserta UN di SMP N 1 Purwokerto 217 siswa terdiri 122 laki-laki dan 95 perempuan, siswa yang mengikuti sesi pertama dan kedua juga hadir secara keseluruhan.

Budhi berharap, seluruh siswa/siswi dapat mengikuti UN sampai dengan hari terakhir tanpa satu alangan apapun " saya mendoakan agar seluruh siswa/siswi di Kabuapten Banyumas yang mengikuti UN tahun ini dapat melaksanakan UN sampai hari terakhir dalam keadaan sehat, lulus semua dan mencapai hasil yang sempurna dan berpesan agar bersikap tenang, optimis, banyak berdoa, dan minta didoakan oleh orang tua serta jangan sekali-kali nyontek" imbuhnya.

Wabub juga mengapresiasi kerja Jajaran Dinas Pendidikan, Panitia dan pengawas serta berterima kasih kepada PLN dan telkom atas kerjasamanya sehingga UN hari pertama dapat berjalan dengan lancar "saya sangat berterima kasih kepada jajaran Dinas Pendidikan, Kantor Kementrian Agama, seluruh pantia dan pengawas dan semua yang terlibat dalam pelaksanaan UN SMP tahun ini atas kerja kerasnya sehingga UN dapat berjalan dengan lancar" tambahnya.

Purwadi yang mendampingi wabub mengatakan, UN SMP diikuti oleh 26.184 Sisa dari 211 SMP/MTs dan diawasi oleh 2.818 pengawas di 1.409 ruangan dengan jadwal Ujian UN Senin 9 Mei 2016 pukul 07.30-.09.30 WIB bahasa Indonesia, Selasa, 10/5 Matematika, Rabu, 11/5 Bahasa Inggris dan Kamis 12/5 IPA.

"khusus untuk SMP yang melaksanakan UNBK yaitu SMP N 1 Purwokerto, SMP N 2 Purwokerto, SMP Susteran Purwokerto dan SMP Nasional 3 Baha Putera Harapan Puyrwokerto dibagi menjadi 3 sesi yaitu sesi 1 pukul 07.30 s.d 09.30 WIB sesi kedua pukul 10.30 s.d 12.30 WIB dan sesi ke tiga pukul 14.00 s.d 16.00 WIB " jelasnya.

Terkait dengan sekolah yang melaksanakan UNBK Purwadi menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan koordinadi dengan telkom dan PLN agar tidak ada pemadaman maupun kesulitan jaringan internet." dari awal kami sudah berkoordinasi dengan Telkom dan PLN agar sekolahan yang melaksanakan UNBK tidak terjadi pemadaman maupun kesulitan jaringan internetnya, alhamdulilah menyuport sepenuhnya, dan terbukti UN hari pertama berjalan dengan lancar." jelasnya.

Sedangkan untuk sekolahan dengan UN PBT distribusi naskah soalnya juga sudah terselenggara dengan baik " untuk sekolah yang melaksanakan UN PBT distribusi soal silaksanakan dibagi menjadi 7 rayon yaitu SMP 3 Ajibarang, SMPN 1 Banyumas, SMPN 3 Purwokerto, SMPN Kedungbanteng 1, SMPN 1 Sokaraja, SMPN 1 Sumpiuh, dan SMPN 1 Jatlawang" tambahnya.

 


Selasa, 10 Mei 2016