PKK dan Dharma Wanita Kampanyekan Diet Kantong Plastik

Kabupaten Banyumas

 

PKK dan Dharma Wanita Kampanyekan Diet Kantong Plastik

 

BANYUMAS : Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Ny, Erna Husein bersama Wakil Ketua TP PKK Ny. Linawati Budhi Setiawan bersama-sama pengurus PKK dan Dharma Wanita Kabupaten Banyumas melakukan kampanye diet kantong plastik. Kegiatan dilaknsanakan Jum’at (10/6/2016) di Pasar Manis Purwokerto, dalam rangka hari lingkungan hidup sedunia dan membantu mengurangi penggunaan kantong plastik.

 

Sosialisasi dilakukan dengan cara mengganti kantong plastik dengan kantong belanja yang ramah lingkungan, karena bisa dipakai berulang-ulang. Sebelum mengganti tas plastic dengan tas belanja, para pembeli diberi penjelasan, agar ikut menjaga lingkungan dan minimal menggunakan tas plastic berulang-ulang.

 

Sementara petugas dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Purwono memberikan informasi melalui pengeras suara. Purwono menjelaskan kantong yang plastik digunakan untuk menunjang aktifitas hidup manusia, sifatnya yang ringan, kuat, dan kedap air membuatnya menjadi pilihan praktis untuk membawa barang. Terutama barang belanjaan. Namun pemakaian kantong plastik yang tidak terkendali sangat membahayakan lingkungan. “Bumi membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk bisa mengurai sampah-sampah yang terbuat dari plastic” terangnya.

 

Ny. Erna Husein pada sosialisasi ini menekankan berbagai macam bentuk pengurangan penggunaan kantong plastik dan styrofoam agar tidak menumpuk menjadi sampah yang membebani lingkungan. Salah satu caranya adalah dengan membuat tas belanja dan manggunakannya sebagai pengganti kantong plastik. Cara lain adalah dengan menggunakan kantong plastik secara berulang dan membuat tempat khusus tempat penyimpanan kantong plastik tersebut.

 

“Diharapkan para pedagang dan penerima tas belanja bisa menjadi motor penggerak gerakan diet kantong plastik di lingkungannya masing-masing” tambahnya.

 

 


Jumat, 10 Juni 2016