KENDALIKAN HARGA GULA PASIR, PT. PPI SIAPKAN HARGA GULA MURAH

Kabupaten Banyumas

 

KENDALIKAN HARGA GULA PASIR, PT. PPI SIAPKAN HARGA GULA MURAH

 

PURWOKERTO – PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PT. PPI - Persero) bekerja sama dengan para pedagang di Pasar Wage Purwokerto dan Pasar Sokaraja, menjual gula pasir murah. Untuk memastikan pedagang akan menjual kepada konsumen, para pedagang terlebih dahulu membuat kesepakatan dengan PT PPI. Kesepakatan tersebut antara lain untuk menjual kepada pembeli eceran dengan harga maksimal Rp. 13.000,- / Kg dan menempelkan informasi bahwa kios tersebut menjual gula dengan harga tersebut.

 

Abi Darin, General Manager PT PPI Cabang Purwokerto mengatakan pendistribusian gula pasir ke Pasar Wage sudah dilakukan sebanyak 2 (dua) kali yaitu pada tanggal 11 Juni 2016 sebanyak 8,5 ton dan pada tanggal 18 Juni 2016 sebanyak 6,5 ton. Sedangkan untuk Pasar Sokaraja baru dilakukan sekali yaitu pada tanggal 18 Juni 2016 sebanyak 1,5 ton.

 

Setelah dilakukan distribusi kepada pedagang, selanjutnya dilakukan pemantauan penjualan oleh pedagang yang mendapat alokasi gula pasir oleh beberapa instansi, antara lain oleh Dinperidagkop Kabupaten Banyumas, Petugas Pemantauan Harga dari Kementeraian Perdagangan RI serta oleh PT. PPI sendiri selaku BUMN yang mendapatkan penugasan oleh Pemerintah sebagai upaya pengendalian harga dan stok gula pasir sekaligus melakukan evaluasi apakah model penyaluran ini berdampak pada harga gula pasir, khususnya di wilayah Purwokerto.

 

”Selama pedagang berpegang teguh pada komitmen untuk menjual dengan harga yang sudah ditentukan dan dijual eceran kepada masyarakat, kami akan terus melakukan model pendistribusian seperti ini, namun apabila model ini tidak efektif, kami akan mencari cara lain” katanya.

 

Abi Darin juga mengatakan, kenaikan harga gula pasir yang berkembang di pasar tradisional itu karena sentimen pasar akibat permintaan meningkat. ”Budaya masyarakat dalam bulan Ramadan dan Idul Fitri, berdampak pada konsumsi gula pasir semakin meningkat,” jelasnya.

 

Dalam menghadapi bulan Puasa dan Lebaran, sambung dia, PPI cabang Purwokerto akan mendistribusikan kurang lebih 190 ton gula kristal putih secara bertahap, antara lain melalui para pedagang di pasar tradisional

 

 


Selasa, 21 Juni 2016