Dindukcapil Banyumas Kehabisan Blangko KTP

Kabupaten Banyumas

 

Dindukcapil Banyumas Kehabisan Blangko KTP

 

PURWOKERTO, Keinginan warga yang ingin memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP), pada saat liburan lebaran harus bersabar, karena sejak awal bulan Ramadan lalu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Banyumas  tidak dapat melakukan pencetakan E-KTP karena kehabisan blangko.

 

Agar masyarakat mengertahui sejak awal mengajukan permohonan, pada loket pelayanan dipasang papan pengumuman berbunyi “Berhubungan persediaan blangko E-KTP habus, dengan ini kami beritahukan bahwa Dindukcapil Banyumas untuk sementara tidak dapat menerbitkan E-KTP sampai dengan batas waktu yang belum dapat ditentukan”.

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Banyumas, Kartiman, Selasa (12/7/2016) membenarkan kelangkaan blangko itu. Dia memperkirakan penerbitan E-KTP dapat kembali normal paling cepat bulan depan, menunggu kiriman blangko dari pusat.

 

Untuk sementara waktu warga yang sangat membutuhkan E-KTP, pihaknya mengeluarkan surat keterangan. Misal untuk keperluan menikah, surat keterangan itu dapat digunakan. “Awal Agustus mudah-mudahan sudah lancar, kami masih menunggu informasi dari pusat,” katanya.

 

Kartiman menambahkan pada hari pertama kerja setelah cuti bersama Senin (11/7) kemarin, ratusan warga memadati kantor Dindukcapil. “Jika pada hari biasa jumlah pemohon antara 200 sampai 300 warga, setelah lebaran ini meningkat antara 300 sampai 500 pemohon,” tambahnya.

 


Rabu, 13 Juli 2016