PASKIBRA BANYUMAS MULAI LATIHAN INTENSIF

Kabupaten Banyumas

 

PASKIBRA BANYUMAS MULAI LATIHAN INTENSIF

 

BANYUMAS, Sebanyak 35 pelajar perwakilan berbagai SMA, SMK dan MA se Kabupaten Banyumas mulai melakukan latihan bersama di Alun-alun Purwokerto. Mereka adalah para pelajar yang terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).

 

Mereka akan tampil sebagai pengibar dan penurunan bendera pada upacara hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan Repubik Indonesia 17 Agutus 2016 Tingkat Kabupaten Banyumas.


Kasi Pembinaan Pemuda pada Dinporabudpar, Mis Nur Aini mengatakan, pelajar tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan beberapa waktu lalu. “Latihan sudah dimulai sejak tanggl 28 Juli sedangkan latihan di Alun-alun mulai Senin (1/8/2016),” katanya disela-sela latihan Rabu (3/8/2016).


Mis Nur Aini menambahkan, untuk pelatihan anggota Paskibra Banyumas, penyelenggara menggandeng pelatih dari TNI Kodim 0701 Banyumas dan Polri Polres Banyumas. Mereka juga didampingi oleh Purna Pakibra Indonesia (PPI).

 

“35 calon Paskibra, 23 putra dan 12 putri, mengikuti tiga tahapan dasar mulai dari pengenalan baris–berbaris, pembinaan fisik dan pelatihan formasi. Selain itu, mereka juga dibekali pelatihan mental idiologi dan bela Negara,” katanya

 

Sebelum latihan baris berbaris dan formasi dimulai, seluruh calon paskibra diwajibkan mengikuti apel pagi, berlari memutar alun-alun, senam. “Push up dan sit up juga di berikan oleh pelatih untuk pembentukan fisik terhadap calon Paskibra,” tambahnya.


Parsito


Rabu, 03 Agustus 2016