BKAD Sumpiuh Gelar Pelatihan Pengelolaan Limbah

Kabupaten Banyumas

 

BKAD Sumpiuh Gelar Pelatihan Pengelolaan Limbah

 

SUMPIUH : Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Sumpiuh menggelar pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga. Kegiatan yang digelar Rabu (3/8/2016) di Pendopo Kecamatan itu diikuti sekitar 125 peserta.

 

Camat Sumpiuh Abdul Kudus mengatakan peserta pelatihan tediri dari perwakilan desa/kelurahan, kader PKK, ibu Rumah tangga, pemuda/karangtaruna, mahasiswa, pegiat lingkungan hidup, kepala Desa/lurah, pegawai dari dinas dan sekolah, kemudian pengusaha dan pengelola pasar.

 

Menurut Abdul Kudus, kegiatan pelatihan ini selaras dengan misi yang dilakukan pemerintah kecamatan melalui gerakan Sumpiuh Hijau Bersih dan Indah. Kegiatan itu diharapkan dapat menyukseskan program pemerintah.

 

“Selain itu akan turut membantu mengurangi, pencemaran lingkungan karena limbah diolah menjadi barang yang bermanfaat,” katanya.

 

Pada kegiatan pelatihan itu, penyelenggara menghadirkan narasumber tingkat nasional Heru Santoso, SE, MM yang terkenal dengan “Rajaneresik”. Peserta menerima materi tentang pengelolaan sampah rumah tangga menjadi pupuk cair organik. Menurut Heru pupuk cair organik itu memiliki kualitas dan hasil tanaman yang lebih baik.

 

Setelah mendapat teori, peserta juga diajak langsung untuk melakukan praktik membuat pupuk cair. Aktivis lingkungan dari Tangerang Selatan ini berharap setelah dibekali pelatihan peserta bisa mengelola sampah di rumahnya dengan cara yang sudah dipraktikkan.

 

Parsito


Kamis, 04 Agustus 2016