RIBUAN PRAMUKA BANYUMAS SAMBUT ESTAFET TUNAS KELAPA

Kabupaten Banyumas

RIBUAN PRAMUKA BANYUMAS SAMBUT ESTAFET TUNAS KELAPA

 

BANYUMAS : Kwarcab Banyumas berserta masyarakat, menyambut kehadhiran estafet tunas kelapa tahun 2016. Banyumas menerima estafet tunas kelapa dari Kwarcab Purbalingga yang diserahterimakan dari Bupati Purbalingga Tasdi selaku Ketua Mabicab Purbalingga kepada Wakil Bupati Banyumas dr Budhi Setiawan Wakil Mabicab Banyumas, Kamis, (1/9/2016) di Sub Terminal Jompo perbatasan Kabupaten Banyumas dan Purbalingga, dengan disaksikan Perwakilan dari Kwarda 11 Sigit Joko Sutomo.

 

Wakil Ketua Bidang Humas dan Abdimas Kwarcab Banyumas mengatakan, Estafet Tunas Kelapa (ETK) Kwarda Jawa Tengah, diawali serah terima tunas kelapa dari Kwarcab Purbalingga ke Kwarcab Banyumas  oleh pasukan inti pembawa tunas kelapa dengan ditandai oleh ditanda tangani berita acara serah terima tunas kelapa oleh Pembina Upacara.

 

Setelah diadakan serah terima tunas kelapa dilanjutkan dengan pemberangkatan tunas kelapa menunju wilayah Kwarcab Banyumas dengan disaksikan oleh tamu undangan. Disepanjang jalan  kurang lebih 5 km tunas kelapa disambut meriah oleh anggota pramuka para Pembina dan masyarakat yang berdiri disepanjang jalan yang dilalui oleh tunas kelapa.

 

Menurut Agus, Estafet Tunas Kelapa (ETK) bertujuan untuk memasyarakatkan Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda, meningkatkan pembinaan khususnya pada anggota Gerakan Pramuka Jawa Tengah serta dalam rangka menyemarakkan 55 Tahun Gerakan Pramuka

 

“Estafet Tunas Kelapa sebagai ciri khas kegiatan Kwartir Daerah Jawa Tengah sekaligus sebagai kegiatan tradisi yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan sebagai alat untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka yaitu membentuk manusia yang berkarakter, berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur sebagai warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila,” kata Agus.

 

Agus menambahkan Kwarcab Banyumas menerima ETK dari dua wilayah, Kamis dari Purbalingga dan Jum’at (2/9/2016) dari Kwarcab Cilacap yang akan dilaksanakan di Lapangan Desa Sibalung Kecamatan Kemranjen. “Tunas kelapa dari Purbalinga dan Cilacap akan bertemu di Desa Sibalung untuk diteruskan ke Kwarcab Kebumen pada sore harinya,” jelas Agus.

 

Dengan dukungan dari berbagai pihak yang ikut menyambut dan meramaikan estafet tunas kelapa, Agus merasa terharu dan bangga. “Terima kasih atas dukungan semua pihak, baik dalam bentuk spanduk dan penyambutan termasuk dari kwaran-kwaran, ada yang datang jauh jauh termasuk dari Gumelar,” katanya.

 

 


Jumat, 02 September 2016