KAJARI PURWOKERTO PIMPIN UPACARA SUMPAH PEMUDA

Kabupaten Banyumas

KAJARI PURWOKERTO PIMPIN UPACARA SUMPAH PEMUDA

 

BANYUMAS : Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, menggelar upacara untuk memperingati hari sumpah pemuda ke-88 yang jatuh pada 28 Oktober 2016 di Alun-alun Purwokerto. Kepala Kejaksaan Negeri Purwokerto, Rina Virawati, bertindak menjadi pembina upacara yang diikuti seluruh peserta upacara dari TNI, Polri, PNS, Orams Pemuda, Mahasiswa, Pelajar, Pramuka dan

Dalam apel tersebut, Kajari membacakan pidato Menpora. "Kami menyampaikan salam hangat bagi tokoh-tokoh pemuda di seluruh negeri supaya terus berjuang menjaga keutuhan negara republik Indonesia," ucap , Jumat (28/10/2016).

Kajari menyebut nama-nama pejuang muda masa kini, yang mampu mengharumkan bangsa Indonesia di kancah olahraga. "Saat Rio Haryanto menembus balapan paling bergengsi (Formula 1). Dunia berguncang karena tahu anak Indonesia dapat tampil, di level internasional. Lalu disusul Owi/Butet yang sukses melanjutkan tradisi emas di Olimpiade Rio," terangnya.

"Selebihnya saya ingin agar segala elemen kelompok muda agar mulai bersinergritas, bukan lagi pertikaian, marilah gunakan waktu seefesien mungkin ke depan," tandasnya.

Tidak seperti upacara sumpah pemuda sebelumnya, pengibar bendera yang biasanya dilakukan oleh 3 orang petugas kali ini dilakukan oleh 13 paskibra. Sedangkan Kepala Bidang Kepemudaan Dra Ide Nyoman Gde Rochsari mengatakan Paskibra yang bertugas tidak selengkap seperti upacara HUT RI. “Tetapi dengan mengunakan formasi sedarhana, dan hanya berlatih dua hari, petugas dapat melaksanakan tugas dengan baik,” jelasnya

Dalam upacara juga dibacakan Keputusan Konggres Pemuda Tahun 1928, oleh petugas yang dibayangi oleh kelompok Bhineka Tunggal Ika. Hal ini sebagai penghargaan setinggi-tingginya kepada para tokoh pemuda tahun 1928, hingga menjadi pelopor pemuda nusantara untuk kemerdekaan Indonesia.

Pada akhir kegiatan ditampilan, musik kentong dari Group Sila Bareng dari Keluarahan Teluk Kecamatan Purwokerto Selatan Pimpinan Agus.

Makna Sumpah Pemuda Bagi Pemuda Indonesia

Setiap peringatan Hari Sumpah Pemuda, selalu membawa arti dan makna bagi pemuda Indonseia. Anisa, salah satu Pasukan Tunas Muda Kwarcab Banyumas, mengaku bangga menjadi Pemuda Indonesia. “Indonesia harus dibangun dengan membangun kader kader muda melalui organisasi, karena dengan berorganisasi, ketrampilan, bakat dan minat akan tersalurkan dengan baik untuk menjadi pemuda indonesia yang hebat,” kata Anisa

Sedangkan Ika Sukarti, Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma, mengajak pemuda Indonesia agar semakin kreatif agar bisa menggucang dunia dan mengisi kemerdekaan dengan karya positif.

 

 


Senin, 31 Oktober 2016