WAKIL WAKIL BUPATI BUKA LT-III KWARCAB BANYUMAS

Kabupaten Banyumas

WAKIL WAKIL BUPATI BUKA LT-III KWARCAB BANYUMAS

 

BATURRADEN : Wakil Bupati Banyumas dr Budhi Setiawan sebagai Wakil Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Banyumas membuka lomba tingkat regu Pramuka Panggalang Tiga (LT-III) Tingkat Kwarcab Banyumas, Senin (19/12/2016) di Bumi Perkemahan Wanawisata Palawi Baturraden, Kabupaten Banyumas.

 

Dalam sambutanya Wakil Bupati mengatakan bahwa Pramuka bagian dari generasi muda, merupakan penerus bangsa yang memiliki peranan serta posisi strategis di tengah masyarakat.

 

“Pendidikan pramuka di Kwarcab Banyumas, telah menunjukan prestasi yang luar biasa, menjadi Pramuka tergiat selama 29 kali. Hal ini juga ditunjukan oleh anak-anak pramuka secara individu meraih prestasi, bahkan salah satu pramuka Banyumas meraih lencana teladan dari Presiden,” kata Wakil Bupati.

 

Bukti lain juga ditunjukan, bahwa anak anak yang dididik melalui pramuka dapat melanjutkan pendidikan di berbagai perguruan tinggi, baik perguruan tinggi kedinasan maupun umum. “Hal ini tentu menjadi modal untuk dapat menyumbangkan pikiran dan tenaga untuk hal-hal yang konstruktif  bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia”,  katanya.

 

Pembentukan watak dan karakter tersebut diawali dengan lomba secaman ini. “Anak –anak yang aktif dalam pramuka, saya yakin dapat terhindar dari pengaruh negatif yang dapat merusak potensi dan kualitas dirinya. Oleh karena itu, sebagai Wakil ketua majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Banyumas dan juga atas nama Pemerintah Daerah saya menyambut baik serta memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini, semoga melalui kegiatan ini dapat melahirkan generasi-generasi penerus yang lebih baik dimasa yang akan datang,” harap Wakil Bupati.

 

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Banyumas Achmad Supartono mengatakan kegiatan LT-III, diikuti 424 pramuka penggalang terdiri dari 27 Regu Putra dan 26 Regu Putri. LT 3 merupakan salah satu implementasi dari program pembinaan karakter yang sudah sewajarnya mulai ditanamkan kepada para pemuda sejak usia sekolah sehingga melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu mewujudkan karakter pemuda yang disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, semangat kebangsaan, peduli lingkungan, peduli sosial, serta bertanggungjawab. Partono berharap dengan LT 3 dapat dijadikan arena mengembangkan diri dimiliki darim Pramuka Penggalang sebagai kader Bangsa agar menjadi pribadi yang handal.

 

Pelaksanaan LT 3 dilaksanakan selama 4 hari mulai dari tanggal 18 dan akan berakhir tanggal 21 Desember, dengan berbagai lomba antara lain, baris berbaris, pioneering, senam pramuka, senibudaya dll. Menurut Partono pemenang LT 3 akan mewakili Kwarcan Banyumas pada Lomba Tingkat IV yang digelar oleh Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah.

 

Parsito


Selasa, 20 Desember 2016