BUPATI PIMPIN PSN DI REMPOAH

Kabupaten Banyumas

BUPATI PIMPIN PSN DI REMPOAH

 

BANYUMAS : Bupati Banyumas memimpin pemberantasan sarang nyamuk (PSN), Sabtu (21/1) di Grumbul Bulu Jangkar Desa Rempoah Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas. Kegiatan juga dihadiri oleh Camat dan Muspika, kader PKK dan masyarakat sekitar.

 

Bupati mengatakan bahwa masyarakat harus waspada terhadap demam berdarah. Apalagi Rempoah masuk wilayah endemis penyakit demam berdarah. “Saat ini memasuki musim panca roba, dimana masih banyak hujan tetapi, diselingi beberapa hari ada panas, musim seperti inilah biasanya nyamuk demam berdarah berkembangbiak,” katanya.

 

Bupati mencontohkan cara melakukan PSN, yang harus menjadi perhatian. Menurut Bupati kalau dirumah-rumah biasanya sudah cenderung bersih. “Coba perhatikan dipagar bambu bekas potongan dan yang masih ada sisa biasanya digunakan untuk sarang nyamuk, Pak Camat, Pak Kades, Bu Kades coba lihat,” katanya saat menemukan jentik nyamuk dipagar.

 

Dihadapan para peserta PSN Bupati meminta mengefektifkan PSN, karena itulah cara paling efektif untuk mencegah berkembangbianya nyamuk demam berdarah. Kepada warga yang ditemui bupati meminta untuk mengubur barang-barang yang sekitanya dapat menampung air hujan. “PSN merupakan ibadah, karena bisa menyeamatkan jiwa seseorang, coba berapa banyak jentik yang ada disetiap genangan, untuk para kader PSN lebih dikonsentrasikan pada lokasi yang jarang dimasukin orang misalnya kebon kosong dan tunggak bamboo,” lanjut Bupati.  

 

Camat Baturaden juga menemukan jentik-jentik nyamuk yang ditemukan pada kaleng bekas, tempat mainan anak. Demikian halnya Kades Rempoah Sugeng Pujiharto menemukan jentik pada pralon sisa yang tergeletak.

 

Camat Lukman Nazarudin menyatakan warga Grumbul Bulujangkar ada dua kasus DB, dan sudah ditangani dengan cepat sehingga tidak menimbulkan korban. Diharap setelah adanya kasus ini semua warga giat melakukan PSN. “Kami akan mengajak warga agar melakukan PSN minimal seminggu sekali” katanya.

 


Senin, 23 Januari 2017